Bangga! Melalui Kegiatan Webinar, Buleleng Berhasil Lolos Seleksi PKN 2020

  • Dinas Kebudayaan
  • 06 Oktober 2020
  • Dibaca: 124 Pengunjung

Salah satu program kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan adalah Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) tahun 2020. Dikarenakan kondisi sedang pandemi Covid-19 seperti saat ini, maka kegiatan PKN dilaksanakan secara virtual/daring dan akan ditayangkan pada tanggal 1 November 2020 melalui beberapa kanal atau saluran siar. Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) merupakan rangkaian aktifitas Kebudayaan yang bergerak dari tingkat Desa hingga Nasional dengan menyediakan ruang bagi keragaman ekspresi budaya, mendorong interaksi untuk memperkuat kebudayaan yang inklusif, serta melindungi dan mengembangkan nilai ekspresi dan praktik kebudayaan nasional. Adapun rangkaian kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) tahun 2020 diantaranya adalah program kompetisi, konferensi, lokakarya, pameran, pergelaran, parade dan Pekan Kebudayaan Daerah (PKD). 

Pada kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) tahun ini, Kabupaten Buleleng melalui program konferensi yaitu melaksanakan kegiatan Talkshow atau Webinar dengan bertajuk “Koleksi Gedong Kirtya Sebagai Rujukan Para Pemikir Bali dan Dunia” yang dilaksanakan pada tanggal 3 September 2020 telah berhasil lolos dalam seleksi sesuai hasil kuratorial oleh kurator program konferensi. Hal ini merupakan suatu kebanggaan untuk Kabupaten Buleleng dan Gedong Kirtya khususnya dalam mewakili Provinsi Bali. 

Pada webinar tersebut secara garis besar membahas keberadaan Gedong Kirtya sebagai rujukan para pemikir Bali dan Dunia diharapkan menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung ke Bali Utara. Perlunya segera malaksanakan digitalisasi lontar dengan alih bahasa. Isi lontar-lontar yang ada di museum Gedong Kirtya perlu di sebarluaskan kepada masyarakat luas, melalui media digital. Penting juga adanya Kompetensi SDM pegawai Museum yang perlu ditingkatkan melalui pelatihan. Dan juga perlu mengemas program kunjungan ke museum yang lebih bernuansa kekinian agar familiar di kalangan milenial.

Adapun beberapa daftar konten Konferensi PKD yang lolos seleksi PKN tahun 2020 :

1. Mengenal Karya Sastra Kakawin Kidung Dharma Sonya di Dalam Koleksi Naskah Kuno Merapi Merbabu - Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah

2. Tombo Teko Loro Lungo - Kota Pasuruan Provinsi Jawa Timur

3. Talkshow Ketahanan Budaya - Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan

4. Koleksi Gedong Kirtya Sebagai Rujukan Para Pemikir Bali dan Dunia - Kabupaten Buleleng Provinsi Bali

Share Post :