Bimbingan Teknis Penyampaian Informasi di Sosial Media

  • Dinas Kebudayaan
  • 06 Januari 2021

Mengingat saat ini semua serba online dan sebagian besar orang lebih tertarik mencari informasi secara online baik itu di media sosial ataupun youtube maka begitu pentingnya mempelajari bagaimana penyampaian informasi ke masyarakat dengan cepat dan konsisten. Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng memiliki begitu banyak informasi yang dapat diulas baik itu dari segi Kesenian khas Buleleng, Sejarah dan Cagar Budaya, Lontar dan Museum. Tetapi kenyataannya masih banyak informasi yang belum tersampaikan ke masyarakat. Pentingnya media sosial saat ini alangkah baiknya jika dimanfaatkan dengan baik setiap harinya untuk mengulas berbagai macam informasi penting kepada masyarakat. Penyampaian informasi harus dilaksanakan secara rutin setiap harinya secara bergilir, tidak hanya mengulas tentang kesenian saja.

Maka untuk mengoptimalkan hal tersebut Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng melaksanakan sebuah kegiatan Bimtek yang dilaksanakan di ruang rapat Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng dan mendatangkan Narasumber langsung yaitu Bapak Made Adnyana Ole yang juga pernah berprofesi sebagai wartawan. Kegiatan Bimtek ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara, S.Sos, M.Si. Pada kesempatan tersebut Bapak Ole selaku Narasumber memberikan bimbingan kepada peserta bagaimana cara mencari informasi, informasi apa saja yang harus dicari, bagaimana menyusun sebuah informasi atau berita dan bagaimana cara mengelola sosial media agar banyak dikunjungi oleh masyarakat. Tentunya bukan hal yang mudah untuk dapat menerbitkan suatu informasi setiap harinya. Maka dari itu diharapkan perlu adanya tim khusus wartawan yang terbentuk agar pencarian dan penyampaian informasi lebih optimal. 

Kadisbud Buleleng Bapak Gede Dody juga berharap di Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng terbentuk sebuah tim wartawan yang khusus menangani masalah pemberian Informasi ke masyarakat setiap harinya. Bisa dikatakan tim wartawan ini tidak mengemban tugas lainnya selain dokumentasi dan pembuatan Informasi baik di website, sosial media dan youtube. Dengan begitu penyebaran Informasi dapat selalu update setiap harinya dan dengan Informasi yang berbeda-beda tidak hanya membahas bidang Kesenian saja. 

Share Post :