Pengembangan Karakter Generasi Muda Melalui Permainan Tradisional

  • Dinas Kebudayaan
  • 26 November 2019
  • Dibaca: 295 Pengunjung

Kementrian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng melaksanakan kegiatan Gerakan Masyarakat Berbasis Budaya (Gema Budaya) melalui permainan tradisional. Dalam rangka persiapan Gema Budaya yang rencana akan dilaksanakan workshop pada tanggal 30 November 2019 di Wantilan Sasana Budaya dan Parade Permainan Tradisional yang dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2019 di Taman Kota Singaraja maka diadakan sebuah rapat yang mengundang perwakilan dari peserta lomba permainan tradisional. Rapat ini dilaksanakan di ruang rapat Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng pada Selasa, 26 November 2019. Adapun tujuan dari kegiatan Gema Budaya ini adalah :

1. Menambah wawasan dan pengetahuan yang luas bagi generasi muda

2. Mengajak generasi muda untuk mengenal lebih lanjut permainan tradisional daerahnya

3. Menjadikan generasi muda yang unggul, memiliki moral yang baik, tangguh dan mempunyai daya saing serta memberikan ruang-ruang baru dan penyegaran yang komprehensif bagi remaja, terutama di lingkungan sekolah

4. Menumbuhkan dan membentuk karakter generasi muda untuk mempererat tali persaudaraan sehingga lahir rasa nasionalisme yang tinggi di dalam sanubari generasi muda

5. Memperkuat jati diri dan pembentukan karakter yang selalu berpegang teguh pada norma

6. Menumbuhkan nilai kebersamaan, kejujuran, toleransi, sportivitas, dan sikap untuk memegang teguh aturan yang ada, tanggung jawab, kedisiplinan, kemandirian. 

Kegiatan Gema Budaya ini dibagi menjadi 2 kegiatan yaitu Workshop dan Parade Permainan Tradisional. Workshop yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 November 2019 di Wantilan Sasana Budaya mengusung tema Nilai-nilai yang terkandung dalam Permainan Tradisional. Peserta sebanyak 100 siswa dari 4 sekolah diantaranya SMK 1 Singaraja, SMK 2 Singaraja, SMP 1 Singaraja dan SMP 4 Singaraja. Sedangkan Parade Permainan Tradisional akan dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2019 di Taman Kota Singaraja (Car Free Day) dan mengusung tema Jagra Raksaka. Permainan Tradisional yang akan ditampilkan diantaranya Megoak-goakan Desa Panji, Mengangsing yang diikuti oleh peserta dari beberapa Desa, Mejaran-jaranan Desa Banyuning, Mejaran-jaranan Beratan Sanggar Manik Uttara dan Metempeng Gandong Desa Banyuning. 

Share Post :