Penutupan PKB Ke XLI Tahun 2019

  • Dinas Kebudayaan
  • 22 Mei 2019
  • Dibaca: 606 Pengunjung

Pesta Kesenian Bali (PKB) Kabupaten Buleleng ke-41 dan Buleleng Expo ke- 3 tahun 2019 ditutup secara resmi oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST yang didampingi oleh Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG., dan Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng Drs. Gede Komang, M.Si., serta Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng Ir. Nyoman Sutrisna,MM di panggung terbuka eks. Pelabuhan Buleleng pada hari Selasa 21 Mei 2019. Acara penutupan ini, dirangkaikan pula dengan penganugerahan penghargaan Seni Wija Kusuma tahun 2019 kepada seniman dan budayawan yang berjasa dibidangnya untuk Kabupaten Buleleng, diantaranya :

1. Drs. I Gusti Bagus Sudhyatmaka Sugriwa,Mm dari Griya Budha Bang Kawiswara, Banjar Jro Gusti, Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Beliau diberikan penghargaan atas jasanya sebagai Budayawan yang telah mengharumkan nama Buleleng.

2. Almarhum Rokhim B.A.E diberikan penghargaan atas jasanya dalam pembangunan Tugu Singa Ambara Raja.

3. Almarhum Gede Mendra dari Banjar Paketan, Kelurahan Paket Agung Kecamatan Buleleng diberikan penghargaan atas jasanya di bidang seni karawitan.

4. Jro Made Sariani atau lebih dikenal dengan sebutan Jro Made Sari dari Banyuning Tengah, Singaraja. Diberikan penghargaan atas jasanya di bidang seni drama, khususnya drama gong.

5. Made Gelgel, S.Pd.M.Si diberikan penghargaan atas jasanya di bidang seni sastra daerah 

Pada pelaksanaan PKB Kabupaten Buleleng Tahun ini dapat dirasakan bahwa antusias dan respon masyarakat terhadap pelaksanaan PKB sangat luar biasa. Dapat dilihat bahwa di setiap area Eks.Pelabuhan Buleleng tidak pernah sepi penonton. Ini membuktikan bahwa kesenian Bali masih dicintai oleh masyarakat. Bupati Buleleng dalam sambutannya menyampaikan terima kasih pada masyarakat, seniman serta sanggar-sanggar seni yang melestarikan dan memajukan seni budaya Buleleng sehingga kesenian semakin semarak di Buleleng. Hal ini bisa dilihat dari berbagai event seni dan budaya yang digelar di Buleleng yang senantiasa meriah dan semua sanggar seni ikut berperan. 

 

Share Post :