Rencaca Lomba Jajanan Pasar dan Pajegan Buah Lokal Dalam Rangka Pelestarian Budaya Daerah

  • Dinas Kebudayaan
  • 08 Januari 2021

Dalam rangka mengembangkan dan melestarikan kebudayaan daerah di Kabupaten Buleleng, maka Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng akan melaksanakan sebuah perlombaan lomba Pajegan buah lokal dan Jajanan pasar khas Buleleng yang rencananya akan dilaksanakan pada Bulan Pebruari 2021. Lomba ini akan diikuti oleh perwakilan dari 9 Kecamatan di Kabupaten Buleleng. Dalam lomba jajanan pasar peserta perwakilan dari 9 Kecamatan terdiri dari 1 tim dari kelompok wanita/PKK yang terdiri dari 5 orang dengan menggunakan pakaian adat madya. Rencana dari menu jajanan pasar yang akan ditampilkan adalah menu olahan beras, ketan, injin, jagung, ubi dan lain-lain. Dari penilaian lomba jajanan pasar yang akan dinilai adalah komposisi resep, kebersihan, ketepatan waktu, keaslian, inovasi resep, rasa dan tekstur, kreatifitas dan keindahan dalam penyajiannya. 

Sedangkan untuk lomba Pajegan buah lokal peserta terdiri dari 1 tim Yowana Istri Desa Adat perwakilan dari tiap kecamatan yang terdiri dari 3 orang dengan menggunakan pakaian adat madya. Dalam perlombaan buah yang digunakan harusnya buah lokal dari Kabupaten Buleleng (tidak diperkenankan menggunakan buah impor). Dengan menggunakan Dulang sebagai alasnya. Hal yang akan dinilai diantaranya kombinasi dan keserasian penataan, kerapian, bahan yang digunakan, kreatifitas dan proporsi. 

Dari perlombaan tersebut akan dipilih 3 pemenang dan 6 juara harapan dari masing-masing lomba. Hadiah dari masing-masing pemenang diantaranya :

a. Juara I Adikara Nugraha - Piagam + Uang (Potong Pajak)

b. Juara II Adika Nugraha - Piagam + Uang (Potong Pajak)

c. Juara III Adi Nugraha - Piagam + Uang (Potong Pajak)

d. 6 Juara Harapan Kasamen Nugraha - masing-masing memperoleh piagam + uang (Potong Pajak)

(Image: Instagram Balinesefoodie)

Share Post :