SEJARAH DINAS KEBUDAYAAN

  • Dinas Kebudayaan
  • 13 Pebruari 2018
  • Dibaca: 535 Pengunjung

Pada Era sebelum Otonomi Daerah diberlakukan, Kelembagaan Dinas Kebudayaan bergabung dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang bernaung dibawah Departemen Pendidikan dan  Kebudayaan.

Setelah Otonomi Daerah diberlakukan dan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Buleleng Nomor I Tahun 2001 ( PERDA No. 1 Tahun 2001 ) tentang Pembentukan dan susunan organisasi Dinas Kabupaten Buleleng maka Kelembagaan berubah menjadi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Buleleng.

Kemudian pada Tahun 2007 pemerintah mengeluarkan peraturan pemerintah Nomor 41 tahun 2007 tentang organisasi Perangkat Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 41 tahun 2007 tentang petunjuk teknis penataan organisasi Perangkat Daerah, kemudian ditindaklanjuti dengan Peraturan Daerah Kabupaten Buleleng Nomor 4 Tahun 2008 tentang Pembentukan susunan organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tidak mengalami  perubahan kelembagaan, tetapi tugas pokok dan fungsi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dituangkan dalam Peraturan Bupati Nomor 45 Tahun 2008 tentang tugas pokok dan fungsi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Buleleng.

Pada tahun 2016 diterbitkan peraturan pemerintah Indonesia Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Perangkat Daerah, dan ditindaklanjuti dengan terbitnya Peraturan Daerah Kabupaten Buleleng Nomor 13 Tahun 2016 tentang Pembentukan susunan organisasi dan tata kerja Perangkat Daerah, maka Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dipecah menjadi 2 (dua) lembaga yaitu Dinas Kebudayaan dan Dinas Pariwisata. Selanjutnya dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, sesuai dengan yang tertuang dalam Peraturan Bupati Buleleng Nomor 75 Tahun 2016 tanggal 28 Desember 2016 Tentang: Kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi serta tata kerja Dinas Daerah, dan berlaku sampai sekarang.

Share Post :