URAIAN DAN PEMBAGIAN TUGAS

  • Dinas Kebudayaan
  • 13 Pebruari 2018
  • Dibaca: 529 Pengunjung

KEPALA DINAS

Secara umum Kepala Dinas mempunyai tugas dan fungsi antara lain:

  1. Menyusun rencana kegiatan dan merumuskan kebijakan operasional Dinas Kebudayan, berdasarkan kebijakan yang ditetapkan oleh Bupati serta sesuai ketentuan peraturan Perundang-undangan yang berlaku
  2. Merumuskan kebijakan strategis, peningkatan pembangunan karakter dan pekerti bangsa, pelestarian dan pengaktualisasi adat, tradisi, pengembangan masyarakat adat, pengembangan pelestarian kesenian
  3. Merumuskan Penyusunan Rencana Strategik (RENSTRA), Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) dilingkungan Dinas Kebudayaan
  4. Melaksanakan peta kebudayaan dengan unsur-unsur budaya, kesenian, bahasa, upacara adat, tradisi, seni, museum, cagar budaya, kuliner, pakaian adat, arsitektur tradisional, permainan tradisional, kearifan lokal, serta peralatan hidup.

SEKRETARIAT

Dipimpin oleh Sekretaris Dinas Kebudayaan, mempunyai tugas dan fungsi:

  1. Menyusun rencana kegiatan sekretariat berdasarkan data dan program Dinas Kebudayaan serta ketentuan Perundang-undangan yang berlaku
  2. Memberikan pelayanan  administrasi  kepada  seluruh  satuan  organisasi  dilingkungan Dinas  Kebudayaan
  3. Mengkoordinasikan pelaksanaan  tugas,   penyusunan   anggaran,   penyusunan  laporan  kegiatan,  laporan pertanggungjawaban keuangan Dinas Kebudayaan

SUB. BAGIAN PERENCANAAN

Tugas dan fungsi Sub. Bagian Perencanaan:

  1. Menyusun rencana kegiatan Sub. Bagian Perencanaan berdasarkan data dan program Sekretariat dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku
  2. Menyusun rencana kerja, program, rencana anggaran Dinas Kebudayaan
  3. Menghimpun bahan kebijakan sebagai masukan dalam Penyusunan Rencana Strategik (RENSTRA), Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) Dinas Kebudayaan
  4. Mengkompilasi bahan dan menyusun Rencana Kerja Tahunan (RKT), Perjanjian Kerja dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP)

SUB. BAGIAN UMUM DAN KEUANGAN

Sub. Bagian Umum dan Keuangan mempunyai tugas dan fungsi sebagai berikut:

  1. Menyusun rencana kegiatan Sub. Bagian Umum dan Keuangan berdasarkan data dan program Sekretariat dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku
  2. Melaksanakan pelayanan administrasi kepada seluruh satuan organisasi di lingkungan Dinas Kebudayaan
  3. Melaksanakan pelayanan surat menyurat, keuangan, rumah tangga, perlengkapan keuangan, keprotokolan, dokumentasi, kearsipan dan perpustakaan
  4. Pengelolaan tata usaha barang milik pemerintah, pelayanan administrasi kepegawaian, kebutuhan pegawai
  5. Penyusunan Analisi Jabatan (ANJAB) dan Analisa Beban Kerja (ABK), Laporan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi  (RB),  Sistem   Pengawasan   Internal Pemerintahan (SPIP) dilingkungan Dinas Kebudayaan
Share Post :