(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Makna Air Tirta Bagi Umat Hindu

Admin disbud | 05 Agustus 2021 | 8937 kali

Makna Air Tirta Bagi Umat Hindu

 

Tirta berasal dari bahasa Sansekerta Tirtha yang artinya kesucian atau setitik air, air suci, atau bersuci dengan air. Dalam persembahyangan umat Hindu, air merupakan sarana penting. Dalam seluruh proses persembahyangan umat Hindu, pasti melibatkan air.

 

Pemercikan tirtha dilakukan berulang kali, ada yang sebelum persembahyangan dimulai, dan ada juga yang diberikan setelah persembahyangan. Pada awal persembahyangan pemercikan tirtha berfungsi untuk membersihkan diri, baik dari hal-hal menggangu yang terlihat dan tidak terlihat (seperti pikiran negatif, cemas, takut). Tirtha Pembersih dipercikkan sebelum persembahyangan dimulai. Tirta ini berfungsi untuk menyucikan sarana persembahyangan atau yang biasa disebut banten dan juga umat yang akan sembahyang.

 

Tirta penutup persembahyangan umumnya, tirtha seusai persembahyangan dipercikkan tiga kali ke kepala, diminum tiga kali, lalu tiga kali diusapkan ke bagian lain tubuh (wajah, telinga, leher atau dada). Tirtha ini disebut Tirta Wangsuhpada yang merupakan lambang karunia atau berkah dari Tuhan.  

 

Artikel : https://www.google.com/amp/s/bobo.grid.id/