(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Pucak Bukit Sinunggal

Admin disbud | 12 Agustus 2021 | 280 kali

Pucak Bukit Sinunggal merupakan salah satu Pura Dang Kahyangan yang ada di Bali Utara. Pura ini terletak di Desa Tajun, Kubutambahan. Menurut sejarahnya yang dalam buku “Pura Bukit Tunggal Dalam Prasasti” disusun Ketut Ginarsa, Balai Penelitian Bahasa, Singaraja, 1979, sebelum tahun 914 Masehi pura ini menjadi milik raja yang dipuja masyarakat Bali Utara pada zaman itu.

 

Apa dan bagaimana sejarah berdirinya Pura Pucak Bukit Sinunggal itu ?

Berdasarkan prasasti Raja Sri Kesari Warmadewa tertanggal 19 Agustus 914, Pura Gunung Sinunggal yang dahulu disebut Hyang Bukit Tunggal terdapat di Desa Air Tabar, daerah Indrapura. Desa Indrapura kini disebut Desa Depaa. Sedangkan yang memelihara Pura Bukit Tunggal itu adalah Desa Air Tabar. Di desa itu terdapat tokoh-tokoh masing-masing Mpu Danghyang Agenisarma, Sri Naga, Bajra dan Tri.

 

Keempat tokoh masyarakat itu berpangkat Ser Tunggalan, Lampuran. Mereka bertugas mempersatukan masyarakat desa serta melaporkan keadaan dan peristiwa yang terdapat di Desa Air Tabar dan sekitar Pura Bukit Tunggal kepada Sri Paduka Raja Kesari Warmadewa di Istana Singhamandawa. Pada saat itu Istana Singhamandawa terletak di antara Desa Bedulu dan Desa Pejeng sekarang.

 

Sesuai peraturan adat zaman dulu, letak desa pengemong ada di sebelah utara Pura Bukit Tunggal itu. Seperti halnya desa kecil lainnya yang masuk dalam wilayah Desa Julah, Desa Air Tabar juga sering didatangi perampok. Untuk menjaga keamanan, masyarakat desa itu berpindah tempat menuju ke selatan Pura Bukit Tunggal. Di sana mereka membangun desa baru yang disebut Desa Tanjung. Lama-kelamaan menjadi Desa Tajun atau Tetajun.

(Simak Selengkapnya di Blog Pesona Taksu Bali)

 

Via : Pesonataksubali.com/kubutambahan.bulelengkab.go.id

Foto By : Rangkuman Google 

 

#pesona_taksubali #tradisibali #budayabali #bali 

#pesonaindonesia #budaya_iraga

#wbtb_bali #wonderfulindonesia

#wonderfulbali #budayaindonesia #budayabaline #budayasaya

#the_balinese #balinikibali

#pesona_taksubali #taksubali

#taksualit #nakbaline

#preginabalii #demenngigel

#ngigelbalii #visitbali

#bali #balinesedance

#art #nature #culture #tradisibali #balineseculture #praginabali #kulinerkhasbali #bulelengnow #singarajanow #senilanbudaya