(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Pura Batu Bolong

Admin disbud | 13 Juni 2021 | 764 kali

 

 

Kabupaten Buleleng memiliki banyak objek wisata religi salah satunya yang terdapat di Banjar Kanginan, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, daerah pesisir utara Pulau Bali ini memiliki potensi wisata yang unik dan menarik yakni batu berlubang yang mengeluarkan air dan kolam besar dengan air berwarna biru.

 

Potensi wisata yang berlokasi di sekitar wilayah Pura Batu Bolong itu memang belum banyak dikenal wisatawan dalam dan luar negeri dan diharapkan dapat ditata dan dikembangkan sedemikian rupa untuk menjadi objek wisata yang menarik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara.

 

Kawasan Pura Batu Bolong sebenarnya sejak lama telah dikelola desa menjadi daya tarik wisata, namun belum dikelola secara maksimal. Sudah banyak wisatawan yang mengunjungi kawasan itu, karena tempatnya indah dan tenang.

 

Kondisi di kawasan Pura Batu Bolong memang dipenuhi pohon-pohon besar. Menurut cerita dari para tetua, pura itu masuk dalam cagar budaya dan merupakan pura tertua di Desa Sawan. Untuk itu nanti bisa dikembangkan sebagai pariwsata alam, spiritual dan pengobatan.

 

Selain keindahan dan kesejukan alam, di Pura Batu Bolong juga terdapat tempat "pelukatan" atau tempat membersihkan diri secara skala maupun niskala. Banyak warga dan wisatawan yang datang untuk melakukan "pelukatan", apalagi air kolam yang berwarna biru itu dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

 

Air kolam di tempat itu memang kelihatan berwarna sangat biru, namun jika diambil airnya sangat jernih. Belum ada yang mengetahui dengan pasti kenapa air kolam itu kelihatan berwarna biru.

 

Terdapat larangan secara adat di kawasan suci itu. Larangan ketika memasuki areal Pura tersebut, hanya bagi anak-anak yang belum genap “kepus pungsed” (tiga bulanan) atau untuk wanita yang sedang datang bulan.

 

Sumber : https://www.google.com/amp/s/bali.antaranews.com

 

Foto : https://www.google.com/amp/s/www.balipuspanews.com