(0362) 330668 disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan
Beberapa Bentuk Bhakti Dalam Memuja Tuhan Menurut Hindu
Admin disbud | 31 Mei 2021 | Dibaca 8 kali

Nawa Widha Bhakti adalah sembilan ajaran dimana digunakan sebagai pedoman untuk meningkatkan sradha dan bhakti umat sedharma terhadap tuhan (Ida Sang Hyang Widhi Wasa).

Bagian-bagian dari Nawa Widha Bhakti :

1.Srawanam : artinya mendengarkan wejangan atau saran-saran yang baik, contohnya senang mendengarkan, menerima hal-hal baik yang diberikan oleh orang tua maupun guru.

2. Wedanam : artinya membaca kitab-kitab suci agama yang diyakinni, membiasakan diri untuk membaca hal-hal yang dapat menuntun kejalan yang baik, dalam agama hindu bisa seperti sloka-sloka bhagawadgita.

3. Kirthanam : artinya melantunkan tembang-tembang suci/kidung, contoh dalam kehidupan sehari-hari adalah mekidung saat selesai melaksanakaan persembahyangan/upacara.

4. Smaranam : artinya secara berulang-ulang menyebutkan nama Tuhan, contohnya seperti mengucapkan OM Nama Siwa, maupun mantra dimana tujuannya agar diberikan keselamatan jiwa maupun raga.

5. Padasewanam : artinya sujud bhakti di kaki nabe. Contoh sederhananya kita menghormati atau melaksanaakan ajaran Pendeta (Ratu Pedanda), Pemangku.

6. Sukhyanam : artinya menjalin persahabatan, dimana kita sebagai mahluk social tidak bisa hidup sendiri, maka kita perlu menjalin persahabatan agar memiliki hidup yang tenang dan damai.

7. Dhasyam : artinya berpasrah diri memuja kehadapan para dewa. Berpasrah diri merupakan sikap penuh bertanggung jawab kehadapan tuhan dengan segala kemungkinan yang akan terjadi.

8. Arcanam : artinya Bhakti kepada Hayng Widhi melalui symbol-simbol suci keagamaan, contohnya menjaga kesucian pura.

9. Sevanam : artinya memberikan pelayanan yang baik, contohnya membantu orang atau memberikan pelayanan terbaik terhadap sesama.

 

Sumber : pesonataksubali.com/prabhagib.com

Foto By : Candra Balon

Share Berita Ini :