(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Hari Kemerdekaan

Admin disbud | 17 Agustus 2021 | 278 kali

Menjaga Budaya Bangsa, Salah Satu Cara Mempertahankan Kemerdekaan

 

Tidak dapat dihapus dari buku sejarah bahwa bangsa ini pernah menderita karena dijajah oleh bangsa lain. Bagaimana sadisnya para penjajah saat itu, tak bisa dibayangkan. Namun dibalik itu semua banyak para pahlawan yang berjuang mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan negeri ini hingga akhirnya merdeka.

 

Saatnya kita sebagai generasi penerus tidak berdiam diri saja. Tugas kita saat ini hanyalah bagaimana agar negeri ini tetap merdeka dan tak akan dijajah kembali. Banyak bentuk penjajahan yang dimaksud. Namun, penjajahan saat ini tidak sama seperti jajahan zaman dahulu, tapi dalam bentuk yang lebih beragam. Berbagai ancaman yang dapat melemahkan dan menghancurkan negara yang berasal dari berbagai penjuru.

 

Salah satu ancaman terhadap berkurangnya minat terhadap seni tradisional. Dimana seiring perkembangan zaman anak-anak muda lebih senang dengan karya atau seni tarian modern dari negara lain daripada tari tradisional dari negara sendiri. Padahal negara lain banyak yang mengagumi tradisi dan budaya negara kita. Maka dari itu, jika tidak banyak yang ingin menjaga dan melestarikannya, tidak menutup kemungkinan nantinya budaya ini akan diplagiat negara lain. 

 

Foto : Candra Balon