(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Beberapa kewajiban istri dalam Hindu

Admin disbud | 07 Agustus 2021 | 10628 kali

Beberapa Kewajiban Istri Dalam Hindu

 

"Di mana wanita hidup dalam kesedihan, keluarga itu akan cepat hancur, tetapi di mana wanita tidak menderita, keluarga itu akan selalu bahagia."

- Manawa Dharmasastra III 57

 

• • • • • •

#Repost Hindu Ensiklopedia Indonesia (YouTube)

----------------------------------------------------------------------------

 

Kata istri berasal dari kata stri, Stri dalam bahasa sanskerta berarti “Pengikat Kasih”, Istri dalam keluarga sebagai penjaga jalinan kasih sayang kepada suami dan anak-anaknya. Seorang anak haruslah ditumbuhkan jiwa dan raganya dengan curahan kasih ibu. 

 

Kewajiban Istri Menurut Weda Dalam Kitab Suci Weda telah dijelaskan kewajiban atau tugas seorang istri, yaitu sebagai berikut :

 

1. Wahai mempelai wanita, dengan kedatanganmu ke rumah suamimu, semogalah kamu menjadi petunjuk yang terang terhadap keluarganya. Membantu dengan kebijaksanaan dan pengertian, semogalah kamu senantiasa mengikuti jalan yang benar dan hidup yang sehat dalam rumahmu. Semogalah Hyang Widhi menghujankan rahmat-Nya kepadamu.(Atharwa Weda XIV.2.27). 

 

2. Wahai penganten wanita, datangilah dengan keramahanmu seluruh anggota suamimu. Bersama-samalah dalam suka dan duka dengan mereka. Semoga kehadiranmu di rumah suamimu memberikan kebahagiaan dan keberuntungan kepada suamimu, mertuamu laki-laki dan perempuan dan menjadi pengayom bagi seluruh keluarga. (Atharwa Weda XIV.2.26). 

 

3.Seorang wanita, istri atau ibu juga hendaknya berpenampilan lemah lembut dan menjaga dengan baik setiap bagian tubuhnya. “Wahai wanita, bila berjalan lihatlah ke bawah, jangan menengadah dan bila duduk tutuplah kakimu rapat-rapat”(Rgveda VIII.33.19). 

 

4. Wahai istri, tunjukkan keramahanmu, keberuntungan dan kesejahtraan, usahakanlah melahirkan anak. setia dan patuhlah kepada suamimu (Patibrata), siap sedialah menerima anugrah-Nya yang mulia” (Atharvaveda XIV.1.42) 

 

5. Sungguhlah dosa besar jika seorang istri berani terhadap suaminya, berkata kasar terhadap suaminya. “Hendaknya istri berbicara lembut terhadap suaminya dengan keluhuran budi pekerti” (Atharvaveda , III.30.2). 

 

Masih banyak lagi kewajiban seorang istri yang tertera dalam Kitab Suci Weda. Tetapi suami juga berperan penting untuk tetap membahagiakan istri karena rumah akan seperti surga jika istri selalu dalam keadaan bahagia. 

 

Source : Hindu Insiklopedia Indonesia 

Foto : Dian Osa Padmala Sari