0362 3303668
087894359013
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Tat Twam Asi

Admin disbud | 23 Mei 2021 | 33038 kali

Tat Twam Asi adalah ajaran moral yang bernafaskan Agama Hindu. Tat Twam Asi adalah ajaran filsafat Hindu yang mengajarkan tentang kesusilaan yang tanpa batas. Ajaran Tat Twan Asi mengajarkan kita bahwa, “Ia adalah kamu, saya adalah kamu dan semua makhluk adalah sama.” Ajaran Tat Twam Asi menuntun kita memiliki jiwa sosial dan memiliki keinginan untuk menolong orang lain, karena menolong orang lain sama dengan menolong diri sendiri. Menyakiti orang lain berarti pula menyakiti diri sendiri. Tat Twam Asi berasal dari kata Tat, artinya ia, Twam artinya kamu, dan Asi artinya adalah. Jadi kata Tat Twam Asi artinya” ia adalah kamu”, (Sumarni dan Raharjo, 2015:20).

 

Sebagai makluk individu yang memiliki keterbatasan, sangatlah berat untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya yang dimotivasi oleh keinginan (kama) manusia itu sendiri. Disinilah manusia itu perlu mengenal dan melaksanakan rasa kebersamaan. Dengan mengenal dan memahami ajaran Tat Twam Asi, manusia akan dapat merasakan berat dan ringan hidup dan kehidupan di dunia ini.

 

Disinilah manusia perlu mengenal dan melaksanakan rasa kebersamaan, sehingga seberapa berat apa pun masalah yang dihadapinya akan terasa ringan, dengan memahami dan mengamalkan ajaran Tat Twam Asi, manusia akan dapat merasakan berat dan ringan hidup kehidupan ini. Berat dan ringan Rwabhineda itu ada dan selalu berdampingan adanya, serta sulit dipisahkan keberadaanya, oleh karena itu dalam hidup ini kita hendaknya selalu tolong menolong, merasa senasib dan sepenanggungan.

Sumber : pesonataksubali.com

Foto by : Candra Balon