(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Resep Rahasia Kecantikan Bali Kuno

Admin disbud | 07 Juli 2021 | 793 kali

Alkisah dalam mitologi ajaran agama Hindu, mengisahkan tentang rahasia Dewi Saci dalam menjaga kasih dan cinta sang raja kahyangan, Dewa Indra.
Rahasia bernama Aji Dyah Indah Suksma itu terletak pada kecantikan paras wajah dan tubuh, juga keperawanan Dewi Saci yang selalu terjaga selama-lamanya.
Rahasia Dewi Saci menjaga kecantikannya tersebut tercatat dalam Lontar Tattwa. Sebuah teks berisi ajaran turun-temurun kebudayaan Bali beratus tahun silam, yang diarsipkan dalam geguratan di atas daun lontar.
Hingga kini, teks kuno beraksara Bali itu tetap terjaga rapi di Perpustakaan Pusat Kajian Lontar, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana. Dari total 939 cakep lontar yang ada disana meliputi naskah kuno dari berbagai bidang. Satu di antaranya terdapat naskah berisikan ajaran perawatan kecantikan wanita.
Mulai dari perawatan paras wajah, anggota tubuh hingga merawat organ intim wanita. Nama lontar tattwa ini disebut Indrani Sastra. Dalam naskah lontar Indrani Sastra, diresepkan ramuan tradisional untuk wanita yang sudah tidak perawan. Namun, berasa seperti menjadi kembali perawan. Ramuan herbal itu ada dalam tiga macam sarana, yaitu sarana krim, bubuk dan minyak.
Dalam naskah lontar tersebut, juga dijelaskan resep ramuan tradisional herbal yang bisa diperoleh dari tanaman di sekitar dan bisa diolah menjadi obat lulur, bedak, salep, shampo dan lain-lain untuk dipakai merawat setiap anggota tubuh mulai ujung rambut hingga pangkal kaki.
Sebagai warisan kebudayaan, resep ajaran perawatan kecantikan ini sangat penting. Namun pelestarian tattwa dengan memanfaatkan khasiat tanaman herbal ini terkendala oleh populasi tanaman itu sendiri. Meski sistem pengobatan modern juga merambah di bidang medis, tidak lekas membuat warisan resep kuno ini dimakan zaman.