(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Penandatangan Perjanjian Kerja (MOU) Dalam Pemanfaatan Naskah Kuno

Admin disbud | 16 November 2021 | 140 kali

Kepala UPTD Gedong Kirtya Dewa Ayu Putu Susilawati,SS,M.Hum mewakili Kadisbud Buleleng mengikuti kegiatan perjanjian kerjasama (MOU) antara Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram Dengan Gedong Kirtya Bali. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kampus Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram, Selasa (16/11). 

Perjanjian kerjasama dalam hal pemanfaatan naskah kuno koleksi Gedong Kirtya Singaraja. Salah satu tujuan dari kerjasama ini adalah untuk saling mendukung dalam bidang pengembangan budaya terutama pemanfaatan naskah-naskah dalam dunia pendidikan. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala UPTD Gedong Kirtya diminta untuk menjadi narasumber atau pembicara dengan tema "Aktualisasi Sastra Klasik Bagi Kaum Milenial". Dalam upaya mendekatkan Gedong Kirtya kepada masyarakat umum dari berbagai kalangan maka Gedong Kirtya berupaya menampilkan berbagai ilmu pengetahuan dalam media yang berbeda dimana membantu masyarakat untuk mengetahui apa yang menjadi koleksi Gedong Kirtya , diantaranya melalui tata pamer ( pameran ) serta kegiatan-kegiatan yang menyentuh ranah kaum millennial. Bukan perkara mudah untuk mengajak kaum milleial melihat kembali tradisi adiluhung yang dimiliki bangsa ini, namun dengan kegiatan atau cara yang menarik diharapkan mereka mau mengenal kembali yang akhirnya dapat mencintai dan melestarikannya.

Upaya yang telah dilakukan oleh Gedong Kirtya dalam mendekatkan tradisi sastra klasik mereka adalah dengan mengadakan berbagai kegiatan di antaranya lomba seperti melukis dengan mengambil tema pewayangan, cecimpedan, sambramawacana, mengetik aksara Bali di komputer, mesatua, membuat cerita bergambar, serta lomba membuat prasi dengan sumber pada lontar yang dimiliki. Semua kegiatan yang dilakukan selain memperkenalkan tradisi kita, juga sarat dengan pesan moral yang ingin kita sampaikan.