(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Duta Kabupaten Buleleng Siap Tampil Pada Pesta Kesenian Bali XLIV Tahun 2022

Admin disbud | 05 Mei 2022 | 435 kali

PKB XLIV Tahun 2022 merupakan festival seni terbesar di Provinsi Bali bersifat merakyat tetapi bereputasi di tingkat dunia. Pesta Kesenian Bali tahun ini mengangkat tema "Danu Kerthi : Huluning Amreta (Memuliakan Air Sumber Kehidupan), bermakna memuliakan sumber daya air sebagai mula dari segala kehidupan yang menginisiasi tatanan hidup karma Bali guna mewujudkan harmoni semesta sakala-niskala. Melalu eksplorasi tema tersebut diharapkan mampu menyajikan karya-karya seni yang menunjukkan potensi daerah, ciri khas, keunikan yang berlandaskan pada pakem-pakem tradisi. PKB XLIV Tahun 2022 merupakan tonggak pelaksanaan PKB Era Baru dengan melakukan adaptasi kebiasaan baru di tengah masa pandemi Covid-19. PKB XLIV Tahun 2022 menyajikan materi: Peed Aya (Pawai Virtual), Rekasadana (Pagelaran), Utsawa (Parade), Wimbakara (Lomba), Kriyaloka (Workshop/Lokakarya), Kandarupa (Pameran), Widyatula (Sarasehan) dan Adi Sewaka Nugraha (Penghargaan Pengabdi Seni). 

Sejalan dengan tumbuhnya semangat berkesenian untuk membangkitkan perekonomian krama Bali, maka PKB kali ini disertai dengan Pameran Industri Kecil dan Menengah (IKM) Bali Bangkit yang dikoordinir Dekranasda Provinsi Bali. PKB XLIV Tahun 2022 dirangkaikan dengan penyelenggaraan Bali World Culture Celebration (BWCC) dan Jantra Tradisi Bali.  Bali World Culture Celebration (BWCC) merupakan perayaan kebudayaan Dunia di Bali sedangkan Jantra Tradisi Bali merupakan  kegiatan apresiasi budaya untuk penguatan dan pemajuan kearifan lokal, pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, pengobatan tradisional, permainan rakyat serta olahraga tradisional. 

Pelaksanaan PKB diikuti oleh seluruh Kabupaten di Provinsi Bali. Pada PKB XLIV Tahun 2022 ini Duta Kabupaten Buleleng menampilkan beberapa pertunjukkan diantaranya : 

1. Murtirupa (Demonstrasi) Megangsing oleh Sekehe Megangsing Kayu Sambuk, Desa Gobleg, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, termasuk pada acara Jantra Tradisi Bali. Penampilan Megangsing ini akan dilaksanakan pada Sabtu, 25 Juni 2022 di Lapangan Timur Bajra Sandhi mulai pukul 08.00 Wita.

2. Utsawa (Parade) Gong Kebyar Dewasa oleh Sekehe Gong Kebyar Eka Wakya, Banjar Paketan, Desa Adat Buleleng, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. Dilaksanakan pada Minggu, 26 Juni 2022 di Panggung Terbuka Ardha Candra pukul 19.00 Wita.

3. Utsawa (Parade) Gong Kebyar Wanita oleh Sanggar Seni Wahana Santhi, Desa Umejero, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng. Dilaksanakan pada Minggu, 26 Juni 2022 di Panggung Terbuka Ardha Candra pukul 19.00 Wita.

4. Utsawa (Parade) Gong Kebyar Anak-anak oleh Padepokan Seni Dwi Mekar, Kelurahan Banyuning, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. Dilaksanakan pada Minggu, 26 Juni 2022 di Panggung Terbuka Ardha Candra pukul 19.00 Wita.

5. Rekasadana (Pergelaran) Kesenian Angklung Daun Kutus Ciri Khas Kabupaten Buleleng oleh Sanggar Seni Karya Remaja, Desa Sari Mekar, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. Dilaksanakan pada Selasa, 28 Juni 2022 di Kalangan Ayodya pukul 17.00 Wita.