(0362) 330668 disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan
Dialog Interaktif Mengenal Lebih Dekat Museum Gedong Kirtya
Admin disbud | 03 Juli 2021 | Dibaca 60 kali

Dialog interaktif yang dilaksanakan di radio RRI Singaraja diisi oleh Kepala UPTD Gedong Kirtya Singaraja Dewa Ayu Putu Susilawati yang pada kesempatan tersebut membahas mengenai "Mengenal Lebih Dekat Museum Lontar Gedong Kirtya. Gedong Kirtya dikenal memiliki koleksi lontar sebagai sumber pengetahuan yang luar biasa dan merupakan  aset budaya yang dimiliki Buleleng, oleh karena itu Gedong Kirtya harus dilindungi, dilestarikan dan bisa dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan yang terkandung dalam lontar tersebut.

Gedong Kirtya berupaya menjadi destinasi wisata yang menyenangkan berbasis pengetahuan dengan mengusung konsep edutainment yakni menyatukan antara edukasi dan entertainment (hiburan).

Oleh sebab itu dari pihak Gedong Kirtya juga berupaya membuat inovasi-inovasi guna lebih dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menggugah masyarakat untuk berkunjung ke Gedong Kirtya, salah satu contohnya adalah membuat tata pamer yang lebih komunikatif, dimana melalui pameran tersebut ada pembelajaran sederhana dimana sedikitnya pengunjung sudah mengetahui tentang lontar dan isi koleksi Gedong Kirtya. 

Disinggung juga tentang bagaimana perawatan di Gedong Kirtya, hal tersebut pun menjadi bagian dari rencana Gedong Kirtya kedepannya akan membuat video pendek tentang perawatan/konservasi lontar.

 

Share Berita Ini :