0362 3303668
087894359013
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Pura Bukit Batu Kursi, Benarkah Tempat Memohon Jabatan?

Admin disbud | 23 Mei 2021 | 626 kali

Pura keramat Pura Bukit Batu Kursi terletak di Desa Pemuteran Kabupaten Buleleng di Bali bagian Utara. Bukan tanpa alasan kenapa para wisatawan banyak yang berkunjung ke Pura Bukit Batu Kursi. Pura ini berlokasi di atas bukit yang disebut dengan nama Bukit Batu Kursi. Bukit ini menawarkan pemandangan Desa Pemuteran yang mempesona dari ketinggian.

 

Sejarah dan asal mula dari penamaan tempat ini tentu ada kisah yang melatar belakanginya sehingga menjadi sejarah atau cerita yang diwariskan ke anak cucu. Dinamakan Batu Kursi karena pada bagian puncak bukit berdiri sebuah pura yang mana terdapat sebuah batu besar berdiameter sekitar 20 meter dan berbentuk kursi.Di pura ini berstana Bhatara Lingsir Bagawan Cakru Geni yang masih ada dengan Pura Pucak Manik.

 

Pada awalnya sekitar tahun 1984, menurut penuturan warga tidak ada yang menyadari bahwa batu tersebut berbentuk seperti kursi, warga hanya menganggap batu gunung biasa, keberadaannya baru ketahuan setelah seorang paranormal bernama Jro Nyoman Cara mengalami kerauhan atau trans saat melakukan tapa di batu tersebut.

 

Termasuk juga ada seorang Anak Agung dari Puri Pamecutan menerima wangsit bahwa sekitar bukit tersebut terdapat sebuah batu berbentuk kursi atau Batu Makorsi, dari petunjuk-petunjuk niskala tersebutlah akhirnya baru disadari keberadaan tempat ini.

 

Banyak hal-hal unik dan aneh juga yang sering ditemukan di kawasan pura Bukit Kursi di Pemuteran ini, seperti jejak cakar harimau yang sangat besar pada sebuah pohon enau yang tidak dipercaya bahwa penguasa yang berstana di pura Bukit Batu Kursi ini sedang mempertajam kuku.

 

Pemandangan indah yang ada di puncak Bukit Batu Kursi membuat para wisatawan kerap memilih bukit ini sebagai lokasi trekking. Kalau ingin berkunjung ke Pura Bukit Batu Kursi, Anda dapat terlebih dahulu menuju ke Desa Pemuteran yang ada di Kecamatan Grokgak, Buleleng. Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 123 km dari Denpasar. Kalau dari Pantai Lovina, Anda hanya perlu melakukan perjalanan sejauh 46 km. Selain itu, pura ini juga cukup dekat dengan destinasi lain, seperti Pura Pulaki, Pura Pemuteran, serta Pulau Menjangan.

 

Terdapat hal yang unik para Pura Bukit Batu Kursi ini, dimana dikatakan oleh warga pura Bukit Batu Kursi sebagai tempat untuk memohon petunjuk tentang jabatan baik, jadi bagi anda yang ingin mendapatkan atau jabatan jabatan tertentu, memohon di pura ini. Sehingga tidak mengherankan pada saat-saat tertentu, seperti menjelang pemilihan legislatif, Pura Bukit Batu Kursi mulai ramai dikunjungi oleh warga untuk memohon dan melakukan persembahyangan. Pura Bukit Batu Kursi ini terkait untuk memohon petunjuk sebuah peringkat / jabatan juga untuk memohon keberuntungan pastinya berdasarkan dengan hati yang suci dan tulus ikhlas.

 

Sumber : https://www.balitoursclubsuci

https://www.google.com/amp/s/www.kintamani.id