(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Hidup tidak akan luput dari masalah

Admin disbud | 25 Juli 2021 | 582 kali

Hidup Tidak Luput Dari Masalah

 

Arthaamsca durlabhamloke klesamsca sulabham-statha, duhkham caiva kutumbaartham yahpasyati sa mucyate

( Sarasamuscaya 474 ).

 

Artinya: Begitu susahnya mendapatkan artha atau uang dengan benar dalam hidup ini, begitu mudahnya muncul masalah yang mengotori hidup ini atau Klesa dan begitu sulitnya menjaga keakraban dalam persaudaraan atau Kutumbha dalam kebersamaan hidup ini.

Itulah tiga perkara hidup yang harus dihadapi dengan sabar dan bijak.

 

Hidup ini adalah masalah. Selesaikanlah secara cerdas dan bijak. Oleh karena itu setiap orang terus berupaya untuk merumuskan persoalan hidupnya. Kalau tepat bagaimana merumuskan persoalan hidup maka akan lebih tepat untuk menentukan konsep dan langkah untuk mengatasinya. Tidak adanya manusia lahir ke dunia ini karena belum sempurna. Kalau sudah sempurna tentunya sudah bersatu dengan Tuhan. Karena hidup ini memang rangkaian permasalahan. Persoalan hidup muncul, juga karena setiap orang punya cita-cita berupa harapan hidup. Karena orang yang tidak punya cita-cita sama dengan mati. Tetapi cita-cita tanpa kerja sama dengan mimpi.

 

Kalau cita-cita itu adalah program hidup yang matang dan terus dikerjakan dengan baik, benar dan tepat. Jika upaya itu berhasil itulah kebahagiaan. Ini kebahagiaan itu ada di balik persolan hidup, sepanjang persoalan hidup itu dapat diselesaikan tahap demi tahap dengan baik dan lancar sesuai dengan program hidup.

 

Secara umum manusia selalu menghadapi tiga perkara besar dalam hidupnya. Hal itu seperti yang dinyatakan dalam pustaka Sarasamuscaya 474 di atas. Adapun tiga perkara hidup itu adalah sbb:

 

1. Durlabhaning Artha yaitu sulitnya mendapatkan uang yang benar dan mencukupi kebutuhan yang wajib dibiayai dengan uang tersebut. 

2. Sulabaning Klesa Artinya dalam hidup ini mudah sekali muncul masalah yang dapat mengotori hidup.

3. Duhkaning Mangraksa KutumbaMaksudnya sulitnya menjaga keharmonisan keluarga atau keakraban dalam hidup bersama seperti keakraban dalam rumah tangga maupun keakraban dalam kehidupan bersama » yang lebih luas. 

 

Sumber : https://phdi.or.id/

Foto : Deny Indra