0362 3303668
087894359013
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Sawah di Bali bukan sekedar sawah

Admin disbud | 19 Juni 2021 | 195 kali

Semeton Budaya mau tanya nih, Semeton tau gak sih kalau sawah di Bali bukan hanya sekedar sawah? Jadi ada nilai sejarah agraris dan nilai Budaya Subak yang menjadi nilai dari pertanian di Bali. Yuk bareng bahas diedisi #InfoBudaya kali ini!
Sawah di Bali memang memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan manajemen organisasi pengelola pengairan (irigasi) yang dikenal dengan istilah Subak di Bali. Subak telah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO. Oleh karena itu keberadaan Subak harus tetap dijaga oleh Masyarakat Bali.
Sawah di Bali juga mampu menggambarkan bagaimana kehidupan Masyarakat Bali sangat erat dengan pertanian. Sebelum adanya sektor pariwisata, sektor pertanian menjadi mata pencaharian utama Masyarakat Bali.
Sampai saat ini keberadaan sawah bukanlah hanya sekedar bentangan sawah yang menghijau, melainkan tanggungjawab besar untuk menjaga warisan budaya Subak & menjaga budaya agararis di Masyarakat Bali.
Perkembangan pariwisata cukup menggempur persawahan di Bali. Banyak lahan sawah menjadi lokasi pembangunan Villa, Restoran dan lainnya.
Bagaimana tanggapan Semeton akan hal itu? Yuk komentar!
Info : @budaya_iraga