(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Puri Kanginan Buleleng

Admin disbud | 22 Februari 2022 | 882 kali

Puri di pulau Bali adalah nama untuk tempat tinggal bangsawan Bali, khususnya mereka yang masih merupakan keluarga dekat dari raja-raja Bali. Berdasarkan sistem pembagian triwangsa atau kasta, maka puri ditempati oleh bangsawan berwangsa ksatria. 


Puri-puri di Bali dipimpin oleh seorang keturunan raja, yang umumnya dipilih oleh lembaga kekerabatan puri. Pemimpin puri yang umumnya pemimpin lembaga kekerabatan puri, biasanya disebut sebagai Penglingsir atau Pemucuk. Para keturunan raja tersebut dapat dikenal melalui gelar yang ada pada nama mereka, misalnya Ida I Dewa Agung, I Gusti Ngurah Agung, Cokorda, Anak Agung Ngurah, Ratu Agung, Ratu Bagus dan lain-lain untuk pria; serta Ida I Dewa Agung Istri, Dewa Ayu, Cokorda Istri, Anak Agung Istri, dan lain-lain untuk wanita. (Wikipedia)


Terdapat beberapa Puri di Kabupaten Buleleng salah satunya adalah Puri Kanginan yang terletak di Jalan Gajah Mada Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. Puri Kanginan adalah sebuah bukti sejarah peninggalan kerajaan Buleleng. Puri Kanginan yang bekerja sebagai tempat kediaman keluarga bangsawan dan juga sebagai pusat pemerintahan pada zamannya.

Foto : Instagram @puri_kanginan