(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Drupadi

Admin disbud | 22 Agustus 2021 | 296 kali

DRUPADI, Sosok Wanita Tangguh Yang Mempertahankan Harga Dirinya

 

Siapa yang tidak kenal dengan kisah Mahabharata? Entah dari cerita buku atau kisah yang telah disiarkan di televisi. Mahabharata tentunya sangat erat kaitannya dengan perselisihan antara korawa dan pandawa. Pada suatu ketika, korawa menantang Yudhistira untuk bermain dadu, padahal mereka mengetahui bahwa Yudhistira yang tidak terlalu mahir bermain dadu, kalahlah sang pangeran bijak ini dengan korawa. 

 

Pada babak pertama permainan harta benda dipertaruhkan, pada babak kedua permainan dadu ini pun Yudhistira masih saja kalah dan harus mempertaruhkan harga dirinya dan saudara-saudaranya, namun Yudhistira tetap melanjutkan permainan dan akhirnya dengan terpaksa mempertaruhkan sang istri yaitu Drupadi. Harta kekayaan Yudhistira pun sudah diserahkan kepada korawa sehingga dia jatuh miskin, kemudian pada hari itu juga korawa menyeret Drupadi dan memberitahukan bahwa ia telah dimenangkan oleh para korawa dalam permainan dadu melawan Yudhistira.

 

Melihat keadaan tersebut, Bisma berkata kepada korawa bahwa, orang yang tidak memiliki kekayaan tidak bisa mempertaruhkan milik orang lain, tapi di sisi lain, Bisma menyimpulkan seorang istri harus selalu berada dibawah perintah dan kebijaksanaan suami. Namun bagaimana mungkin seorang suami mempertaruhkan istrinya kepada para penjahat? Korawa mengatakan bahwa Drupadi adalah seorang perempuan yang bersuami lima, maka dia pantas untuk ditelanjangi di hadapan banyak orang.

 

Dalam situasi yang sangat dipermalukan dimana Drupadi diseret, ditarik rambutnya dan kemudian dilepas kain yang menutup tubuhnya oleh Dursasana di tengah balairung istana, membuat Drupadi sangat marah dan mengatakan bahwa suaminya Yudistira telah dijebak, karena mereka mengajak suaminya bermain dadu dimana mereka semua tau bahwa suaminya tidak pandai bermain dadu. 

 

Maka dapat dipetik dari kisah Mahabharata ini, ada sosok perempuan tangguh yang mempertahankan harga dirinya, yang sangat patut dikagumi adalah keberaniannya untuk membela dirinya dan suaminya yang telah mempertaruhkan dirinya.

 

Foto : Dartha Muggle