(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Memberikan Pengaruh Positif kepada Orang lain

Admin disbud | 02 Agustus 2021 | 1714 kali

Berikanlah Selalu Pengaruh Positif Kepada Orang Lain

 

Pengaruh, darimanapun itu datangnya, memegang peranan yang sangat penting di dalan kehidupan kita. Bahkan, tak jarang ia malah sudah membentuk kehidupan kita sedemikian rupa hingga menjadi seperti sekarang ini. Pengaruh dari orang-orang yang kharismatik sangat besar di dalam suatu komunitas. Mereka seolah-olah menerima sebentuk otoritas unik dari kharismanya itu. 

 

Anggota dari komunitas yang terkena pengaruhnya, umumnya akan dengan mudah mempercayai, tunduk dan mematuhi segala petunjuk atau instruksi-instruksinya, atau menjadi pengikutnya.

Oleh karenanya, orang yang punya bakat kharismatik, yang berpengaruh, juga akan sangat potensial menjadi seorang pemimpin dan dianggap sebagai aset oleh para praktisi politik, Untuk merangkul orang-orang seperti ini umumnya merupakan salah satu strategi penting bagi sebuah Partai politik untuk memenangkan senbanyak-banyaknya partisipan dan pemilih.

 

Kita sebetulnya tidak hanya menerima pengaruh dari lingkungan kita-apakah itu lingkungan alam ataupun lingkungan sosial, apakah itu baik ataupun buruk-kita pun sebetulnya memberi pengaruh yang serupa kepadanya, betapa kecilpun intensitas pengaruh yang mampu kita berikan. Setiap orang menerima dan juga memberi pengaruh serupa dari dan kepada lingkungannya. 

 

Akumulasi dari pengaruh dua-arah inilah yang memberi bentuk dan karakter yang unik, baik pada diri kita masing-masing maupun terisolir secara geograj misalnya, juga akan terisolir secara sosiokultural, dimana ia memperoleh keunikannya dari keterisolirannya ini.

 

Sumber : Pesonataksubali.com/Phdi.or.id

Foto By : Kadek Sujana