(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Toleransi Dengan Menerapkan Beberapa Ajaran Dalam Hindu

Admin disbud | 25 Agustus 2021 | 3134 kali

Toleransi Dengan Menerapkan Beberapa Ajaran Dalam Hindu

 

Toleransi menjadi kunci merawat persatuan di tengah keragaman. Dalam ajaran Agama Hindu, ada tiga ajaran yang sangat relevan dalam menumbuhkembangkan sikap toleransi  sesama anak bangsa.

 

Pertama, Vasudhaiva Kutumbhakam. Artinya, kita semua bersaudara. Seluruh dunia ini adalah satu keluarga tunggal, tanpa membedakan agama, suku, bahasa, budaya, tradisi, dan warna kulit. Dengan menghayati ajaran Vasudhaiva Kutumbhakam, pikiran-pikiran sempit yang dipengaruhi ego hendaknya dihilangkan agar kita bisa meningkatkan nilai kemanusiaan, yakni cinta kasih terhadap semua mahluk hidup. Membantu sesama manusia adalah salah satu implementasi dari ajaran suci Vasudhaiva Kutumbhakam. 

 

Kedua, Tat Twam Asi yang artinya adalah aku adalah kamu, kamu adalah aku. Ajaran ini mengembangkan sifat saling asah, asih, dan asuh. Di sini kita diajarkan untuk mengenal dan melaksanakan rasa kebersamaan, berat ringan dipikul dan dirasakan bersama. Gotong royong, tolong menolong hendaknya selalu dikedepankan. 

 

Ketiga, Tri Hita Karana yang artinya, tiga penyebab tercipanya kebahagiaan. Hakikat mendasar Tri Hita Karana bersumber pada keharmonisan hubungan antara manusia dengan Hyang Widhi Wasa, manusia dengan alam lingkungannya dan manusia dengan sesamanya. Dimana prinsip pelaksanaannya harus seimbang, selaras antara satu dengan lainnya agar tercapai ketentraman dan kedamaian.

 

Foto by : @jayens_photography