(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Tari Baris Melambangkan Jiwa Ksatria Prajurit Bali

Admin disbud | 12 September 2021 | 3056 kali

Tari Baris Melambangkan Jiwa Ksatria Prajurit Bali
Tari baris merupakan tari Bali yang sudah tidak asing lagi oleh masyarakat Bali. Tarian ini lekat dengan kaum lelaki. Biasanya diajarkan sebagai tarian pertama kepada setiap anak laki-laki di Bali sebelum mereka beranjak dewasa.
Tari baris tunggal merupakan tari non sakral yang dipentaskan sebagai hiburan rakyat. Tarian ini dibawakan oleh 1-2 penari dan dicirikan dari gerakan para penari yang lebih energik dan busana lebih berwarna.
Tari baris tunggal mengisahkan seorang pemuda yang gagah berani dan memiliki sifat keprajuritan dan kepahlawanan. Tarian ini juga menggambarkan kematangan jiwa dan kepercayaan seorang prajurit yang diperlihatkan melalui gerakan yang
mantap
 
, dinamis, dan lugas.
Saat ini ada banyak jenis tari baris di Bali. Biasanya diberi nama sesuai daerah atau senjata, busana, maupun perlengkapan lain yang dipakai dalam tarian. Jumlah bisa mencapai 40 jenis tari baris. Sebut saja baris dapdap, baris ketekok jago, baris panah, baris presi, baris tamiang, baris cina, baris pendet, baris gayung, dan masih banyak lagi. Bahkan ada beberapa daerah yang memiliki tari baris upacara lebih dari satu jenis.
Foto : @bayuwidhi13_