(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Sad Ripu

Admin disbud | 09 Agustus 2021 | 2688 kali

SAD RIPU

 

Sad Ripu adalah enam macam musuh yang ada dalam setiap diri manusia. Musuh-musuh ini perlu dikendalikan dari diri kita, sehingga dapat menerapkan kehidupan Bhiksuka dengan baik. Adapun keenam musuh tersebut sebagai berikut:

Kama artinya hawa nafsu

Lobha artinya loba/tamak.

Krodha artinya kemarahan

Moha artinya kebingungan

Mada artinya kemabukan

Matsarya artinya iri hati.

 

Kesemuanya ini merupakan musuh dari setiap orang, namun ukuran pengaruhnya berbeda-beda pada masing-masing orang. Sad Ripu ini merupakan musuh, maka patutlah kita mengendalikannya agar tidak menguasai kita.

 

Kama berarti hawa nafsu, hal ini ada pada setiap orang dengan menjadi musuh dari setiap orang, selama belum dapat dikuasainya.

 

Lobha atau tamak menyebabkan orang tidak pernah merasa puas akan sesuatu. Orang yang loba akan selalu ingin memiliki sesuatu yang lebih daripada apa yang telah dimiliki.

 

Krodha artinya marah. Kemarahan timbul karena pengaruh perasaan yang jengkel, muak, bosan, tersinggung dan sebagainya.

 

Moha artinya kebingungan. Karena bingung dapat menye­babkan pikiran menjadi gelap. Orang yang sedang bingung tidak dapat berpikir dengan baik, sehingga tidak akan dapat melakukan kewajiban dengan baik.

 

Mada artinya minuman keras. Minuman keras mengandung alkohol yang dapat memabukkan. Minuman yang termasuk minuman keras antara lain arak, berem, bir dan lain-lain. 

 

Matsarya artinya iri hati. Perasaan iri hati merupakan perongrongan diri manusia. Karena orang yang diliputi oleh rasa iri ini, tidak senang melihat orang lebih bahagia dan beruntung dari padanya. 

 

Source : https://www.mutiarahindu.com/

 

Foto : Yande Zetia