(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Dewa Baruna

Admin disbud | 24 Agustus 2021 | 11121 kali

Dewa Baruna

 

Dalam Agama Hindu, Baruna atau Waruna dalam manifestasi Brahman yang bergelar sebagai Dewa Air, penguasa lautan dan samudra. Kata Baruna (Varuna) berasal dari kata var (bahasa sansekerta) yang berarti membentang atau menutup. Kata "var" tersebut kemudian dihubungkan dengan laut, sebab lautan membentang luas dan menutupi sebagian besar wilayah bumi. 

 

Nama lain Dewa Baruna adalah :

1. Jalapati (penguasa air)

2. Pracheta (yang bijaksana)

3. Yadapati (raja binatang laut)

4. Ambhuraja (raja awan)

5. Pasi (yang membawa jaring)

 

Menurut kepercayaan umat Hindu, Baruna menguasai hukum alam yang disebut Reta. Ia mengendarai makhluk yang disebut makara, setengah buaya setengah kambing (kadangkala makara disamakan dengan buaya, atau dapat pula digambarkan sebagai makhluk separuh kambing separuh ikan). Istri Baruna bernama Baruni yang tinggal di istana mutiara. Oleh orang bijaksana, Dewa Baruna juga disebut sebagai Dewa Langit, Dewa Hujan dan Dewa yang menguasai Hukum.

 

Baruna dikenal sebagai Dewa Air yang dipandang memiliki kekuasaan atas lautan para Dewa, penguasa langit, pembawa hujan, mengawasi dunia bawah dan meletakkan Hukum Universal.

 

Source : http://www.mantrahindu.com

 

Musik : @alffy_rev

 

Talent : Dewi Handayani 

???? : Ayu Komala 

 

#videos #keren #viral #alffyrev #musisi #musik #musikindonesia  #wonderlandindonesia  #proud #anakbangsa #karyaanakbangsa #karyaindonesia #ngigelbalii #taribali #pesonaindonesia #kebayabali #bali #indonesia