(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Rahina Saraswati

Admin disbud | 27 Agustus 2021 | 1878 kali

Rahina Saraswati 

 

Hari Raya Saraswati diperingati sebagai turunnya ilmu pengetahuan untuk umat manusia. Ilmu pengetahuan suci yang membawa kemakmuran, kemajuan dan perdamaian.

 

Saraswati dalam etimologi Hindu memiliki dua suka kata suci yakni saras dan wati. Saras berarti ucapan, perkataan, atau sesuatu yang mengalir, sedangkan wati berarti seseorang yang mempunyai. Bila keduanya digabungkan saraswati bermakna seseorang atau pribadi yang berilmu pengetahuan.

 

Hari Raya Saraswati dirayakan tiap 6 bulan (210 hari) sekali yaitu pada hari Sabtu umanis wuku Watugunung. Pada hari Saraswati umat Hindu memuja Ida Sanghyang Widhi Wasa dalam manifestasinya sebagai Dewi Saraswati.

 

Dewi Saraswati sendiri digambarkan sebagai sosok wanita cantik. Dia termasuk salah satu dari tiga dewi utama dalam agama Hindu, dua yang lainnya adalah Dewi Sri (Laksmi) dan Dewi Uma (Durga). Saraswati merupakan sakti dari Dewa Brahma, Dewa Pencipta.

 

Saraswati dikenal juga sebagai Dewi Sungai di samping Dewi Gangga, Yamina, dan Susoma. Dia adalah dewi yang menguasai ilmu pengetahuan dan seni.

 

Para penganut ajaran Wedanta meyakini, dengan menguasai ilmu pengetahuan dan seni, manusia bisa memperoleh jalan untuk moksa, pembebasan dari kelahiran kembali.

 

Song : Saraswati Dewi by Palawara (Musik Rohani) From Youtube Palawara C

 

Talent : Yunita Dewi 

???? : Ayu Komala 

 

#pesonaindonesia

#wonderfulindonesia

#wonderfulbali

#budayaindonesia

#budayabaline

#hindubali

#agamahindu 

#hinduindonesia

#balinikibali

#taksubali

#taksualit

#nakbaline

#preginabalii

#demenngigel

#ngigelbalii

#visitbali

#rahinasaraswati

#dewisaraswati

#saraswati

#art 

#nature 

#culture