(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Makna Simbolis Dalam Barong Landung

Admin disbud | 06 Juni 2020 | 1532 kali

Makna simbolis dalam barong landung
.
1) Rambut Jero Gede terurai panjang adalah sebagai simbol bahwa dalam kehidupan ini tidak luput dari kekusaman atau kekeringan atau kepanasan (masalah). Sedangkan rambut Jero Luh yang disanggul melambangkan suasana hati yang sejuk, atau mampu menyejukkan udara yang panas. Pada intinya, makna keberadaan Barong Landung diharapkan dapat menjaga dunia semesta isinya, agar selalu berada dalam keseimbangan dan terhindar dari berbagai marabahaya.

2) Mata Jero Gede yang melotot, simbol maha melihat atau mengetahui, dapat memantau baik-buruk, benar-salah prilaku ciptaanNya di Bumi. Jero Luh bermata sipit dengan jidat menonjol (jantuk), simbol ketenangan dalam memikirkan apa yang harus dilakukan kala ada masalah yang menimpa ciptaanNya di Bumi. Inti nilai yang dikandungnya, manusia harus bisa membedakan antara yang baik dan buruk, antara yang benar dan yang salah, sehingga mampu menghadapi masalah dengan tenang dan menempatkan kebenaran, kebajikan di atas segala kebatilan, kesalahan.

Sumber : Kesenian Barong Landung Di Banjar Kaja Pedungan. Denpasar, Tesis Magister Program Studi Kajian Budaya, Program Pascasarjana Universitas Udayana.

Foto by : @dewaputra.gallery