(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng beserta staf UPTD Gedong Kirtya hadir dalam Dialog “Hai Bali Ken Ken” Prosatu RRI Singaraja

Admin disbud | 29 Januari 2024 | 86 kali

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng beserta staf UPTD Gedong Kirtya hadir dalam Dialog “Hai Bali Ken Ken” Prosatu RRI Singaraja, Senin 29 Januari 2024

Pembahasan kali ini mengenai “Bulan Bahasa Bali VI Tahun 2024” dimana dalam dialog Kadis Disbud menerangkan bahwa Lomba Bulan Bahasa ini merupakan agenda Tahunan dimana tahun dini sudah memasuki Tahun ke VI, kegitan ini merupakan bentuk pelaksanaan Peraturan Gunernur nomor 1 Tahun 2018 tentang Bahasa, Aksara dan Sastra Bali dan Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang Pelindungan dan Penggunaan Bahasa Bali maka dengan ini diadakannya lomba Bulan Bahasa Bali VI Tahun 2024.

Kegiatan Bulan Bahsa Bali VI Tahun 2024 akan dilaksanakan selama satu bulan penuh dari tanggal 1 Februari 2024 s/d 2 Maret 2024 dan nanti akan dibuka secara resmi  oleh Pj Gubernur Bali. Untuk kegiatan Lomba Bulan Bahasa akan dilaksanakan di seluruh Kabupaten/Kota se-Bali serta penyelenggaraannya ada di Desa,Kelurahan,Desa Adat, Lembaga Pendidikan dan Perguruan Tinggi.

Untuk di Kabupaten Buleleng Dinas Kebudayaan melalui UPTD Gedong Kirtya akan melaksanakan Lomba Bulan Bahasa Bali VI Tahun 2024. Lomba yang akan dilaksanakan pada hari Senin, 12 Pebruari 2024 yaitu : 

1. Lomba Nyurat Aksara peserta SD

2. Lomba Nyurat Lontar peserta SMP

3. Lomba Debat Mabasa Bali tingkat SMA/SMk

4. Lomba Mengetik di Keyboard tamiang tingkat SMA/SMK

5. Lomba Ngwacen Lontar usia 19-23 tahun

6. Lomba Masatua Bali peserta Paiketan Krama Istri (Pakis)

7. Lomba Pidarta antar Bendesa Adat.

Keseluruh peserta lomba di Kabupaten Buleleng yaitu 77 Orang peserta. Adapun perbedaan pada Lomba Bulan Bahsa Bali VI Tahun 2024 ini yaitu pada lomba Mengetik di Keyboard tamiang tingkat SMA/SMK.  Dimana UPTD Gedong kirtya sebagi pelaksana pada lomba bulan bahsa kali ini sudah mempersiapkan secara berkala sampai H-1 untuk menunjang kegiatan berjalan dengan lancar dimana untuk katagori lomba ngwacen Lontar sudah disiapkan naskah dan untuk lomba lainnya.