0362 3303668
087894359013
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Kepala Dinas Kebudayaan Hadiri Upacara Pecaruan dan Piodalan Tugu Singa Ambara Raja di Purnama Sasih Katiga

Admin disbud | 17 September 2024 | 3 kali

Buleleng, 17 September 2024 - Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng turut hadir dalam upacara Pecaruan dan Piodalan yang dilaksanakan di Tugu Singa Ambara Raja, bertepatan dengan Purnama Sasih Katiga. 


Dimana pada upacara pecaruan dan piodalan yang dilaksanakan, Sekaa Gong Praja Gurnita dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng berperan aktif dalam ngayah, memeriahkan prosesi sakral tersebut. Upacara Piodalan dipimpin oleh Ida Pedanda Istri Alit dari Griya Romo Arsana, Sukasada, yang memimpin rangkaian persembahyangan suci. Kegiatan ini berlangsung dengan khidmat dan penuh rasa syukur, sebagai bentuk penghormatan kepada Tuhan serta untuk menjaga keharmonisan dan keseimbangan alam semesta.


Partisipasi aktif dari berbagai unsur pemerintahan dan masyarakat dalam upacara ini mencerminkan komitmen bersama untuk menjaga kelestarian tradisi dan budaya lokal. Tugu Singa Ambara Raja, sebagai simbol kebanggaan Buleleng, menjadi pusat dari upacara yang menciptakan suasana religius dan spiritual.


Dengan terlaksananya upacara ini, diharapkan dapat mempererat tali persaudaraan dan memperkuat nilai-nilai budaya serta tradisi yang ada di Kabupaten Buleleng.