(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Kegiatan Konsinyering Penelitian Potensi Pemukiman Kuna

Admin disbud | 16 Oktober 2021 | 94 kali

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng Bapak Gede Dody Sukma Oktiva Askara, S.Sos., M.Si menghadiri undangan dari Balai Arkeologi Provinsi Bali sebagai nara sumber dalam kegiatan Konsinyering Penelitian Potensi Pemukiman Kuna di Situs Tanjung Ser, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Sabtu (16/10).

Kegiatan konsinyering yang dilaksanakan di D'Kintamani Restaurant - Gianyar yang dihadiri oleh Kepala Balai Arkeologi Bali Drs. I Gusti Made Suarbhawa dan Tim Peneliti Situs Tanjung Ser. Ketua Tim Penelitian Luh Suwita Utami, SS, menjelaskan bahwa Kegiatan Konsinyering ini adalah salah satu tahap dalam menyusun laporan akhir penelitian. Pada kesempatan tersebut Bapak Kepala Balai Arkeologi Provinsi Bali berharap agar penelitian dilanjutkan ke titik-titik lain di sekitar kawasan Penelitian Situs Tanjung Ser karena Kabupaten Buleleng kaya akan peninggalan-peninggalan zaman dahulu yang masih belum ditemukan. 

Bapak Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Balai Arkeologi Provinsi Bali yang memberikan kesempatan untuk ikut serta dalam acara penyusunan akhir penelitian ini. Bapak Kepala Dinas juga menyampaikan bahwa yang perlu dilakukan saat ini adalah sosialisasi dan mengedukasi masyarakat untuk menjaga objek-objek/benda-benda yang ditemukan peninggalan jaman dulu dan agar segera melaporkan kepada pihak terkait untuk dilakukan penelitian. Laporan penelitian ini sangat penting serta harus segera selesai sehingga dapat menjadi pedoman dalam perencanaan detail tata ruang di Kabupaten Buleleng.