(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Lomba Penjor Hias Anatar SKPD dilingkup Pemkab Buleleng

Admin disbud | 26 Maret 2024 | 38 kali

Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng Melaksanakan Lomba Penjor Hias Anatar SKPD dilingkup Pemkab Buleleng yang dilaksanakan di Lapang Bhuana Patra, Selasa 26 Maret 2024.


Lomba dilaksankan dalam rangka HUT Kota Singaraja ke-420, yang diikuti oleh 62 Peserta, lomba dibuka langsung oleh Kepala Bidang Sejarah dan Cagar Budaya, lomba berlangsung selama 5 Jam dari jam 13.00 wita s/d 17.00 wita. Dilaksanakannya Lomba ini tidak lain sebagai upaya untuk melestarikan seni dan budaya sesuai kearifan lokal serta mengembangkan kreatifitas berkesenian khususnya untuk Penjor Hias di Lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng sekaligus masyarakat pada khususnya.


Mekanisme penilaiannya berupa jumlah tim terdiri dari 5 orang dengan bambu penjor bertinggi 7 meter diatas tanah, hiasan penjor menggunakan bahan janur, ental, slepan, dan bambu. Selain itu, pembungkus bambu tidak diperbolehkan memakai kain dan hanya memakai bahan alami, tidak diperbolehkan menggunakan sterofom, plastik maupun pita serta tanpa sanggah.


Hasil penilaian Lomba :

Juara I : No Undi 01 yakni (Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng) 

Juara II : No Undi 33 (PDAM Kabupaten Buleleng )

Juara III : No Undi 15 (Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng)