(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Garam Piramid Khas Tejakula, Rencana Akan Diusulkan Menjadi WBTB Tahun 2022

Admin disbud | 12 November 2021 | 84 kali

Garam Piramid asal Desa Tejakula Buleleng Bali rencana akan diusulkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Nasional Tahun 2022. Hal ini pun disampaikan oleh Kepala Sejarah dan Cagar Budaya Gede Angga Prasaja, Jumat (12/11). 

Garam Piramid Khas Tejakula ini memiliki keunikan tersendiri yaitu dari segi bentuk dan rasanya. Selain bentuknya yang menyerupai miniatur piramida dan terdapat di rongga di bagian bawahnya, garam piramid juga memiliki rasa yang berbeda. Kandungan airnya yang rendah membuat rasa asin garam piramid lebih lembut dari garam pada umumnya.

Bentuknya yang unik ini juga membuat garam piramid ini banyak digunakan sebagai hiasan pada suatu makanan atau hidangan. Tak hanya sebagai garnish, garam ini juga biasa digunakan untuk garam spa dan kesehatan.

Pada proses pembuatannya, petani garam Desa Tejakula ini masih memakai cara tradisional yang turun-temurun digunakan sejak ratusan tahun lalu yaitu dengan menggunakan palungan, wadah yang terbuat dari batang pohon kelapa dibelah menjadi dua.

Dari beberapa kelebihan Garam Piramid tersebut, maka Garam Piramid pun dibandrol dengan harga yang mahal kurang lebih 300 ribu rupiah per kilonya. Sementara jika diekspor harga bida mencapai jutaan rupiah per kilonya.