(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Pembukaan PKB Kabupaten Buleleng Ke XLI Tahun 2019

Admin disbud | 18 Mei 2019 | 95 kali

Pesta Kesenian Bali (PKB) yang merupakan agenda rutin tahunan Pemerintah Provinsi Bali, yang dijadikan sebagai wadah aktivitas dan kreativitas para seniman dalam upaya ikut mendukung program pemerintah dalam hal penggalian, pelestarian dan pengembangan nilai – nilai seni budaya Bali yang adhiluhung. Pesta Kesenian Bali diselenggarakan sebagai upaya persembahan karya cipta seni terbaik masyarakat. Pesta Kesenian Bali merupakan media dan sarana untuk menggali dan melestarikan seni budaya serta meningkatkan kesejahteraan. Tujuan diadakannya PKB setiap tahun secara rutin, agar melestarikan, mengembangkan serta mempromosikan kesenian Bali.

Pesta Kesenian Bali (PKB) tingkat Kabupaten di Kabupaten Buleleng kembali digelar tahun ini. Acara pembukaan PKB ke XLI ini dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Mei 2018 di Eks Pelabuhan Buleleng. Acara PKB ini bersamaan dengan dilaksanakannya Buleleng Expo ke 3 pada tahun 2019. Sebelum ditampilkan sajian atraksi seni gong mebarung, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana bersama Wakil Bupati Buleleng Nyoman Sutjidra serta sejumlah pimpinan SKPD dan undangan utama lainnya mengitari stand kuliner khas Buleleng, lanjut membuka Buleleng Expo ke-3 yang lokasinya berada di gedung Mr.Puja. Buleleng Expo diikuti oleh peserta antara lain dari perwakian India, Kaltim dan  Jombang. Dalam kesempatan itu, Bupati Buleleng dengan perwakilan dari Kalimantan Timur Kabupaten Berau tukar menukar cindera mata.

Selanjutnya acara berlangsung di panggung PKB. Acara PKB diawali dengan Tari Pembukaan  tarian  India  oleh Konjen India, kemudian laporan ketua panitia oleh Kepala Dinas Kebudayaan Drs.Gede Komang,M.Si kemudian melakukan penandatanganan kerjasama pariwisata se-Kabupaten/Kota se-Bali dan penandatanganan MOU antara Bupati Buleleng dengan Rektor ISI Denpasar yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan Bapak Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana yang sekaligus membuka acara PKB dan Buleleng Expo tahun 2019 yang ditandai dengan pemukulan gong. Pada hari pertama PKB Buleleng ke XLI ini dimeriahkan dengan Penampilan Tari dan Tabuh Gong Kebyar Wanita Sanggar Seni Wahana Santhi Vs Gong Kebyar Wanita ISI Denpasar. Turut memeriahkan juga pada pembukaan Buleleng Expo ke-3 dan PKB Buleleng ke-41 adalah tarian pembuka persembahan dari tim kesenian dari Kalimantan Timur.