(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Lomba Cipta Lagu Cagar Budaya Tahun 2022

Admin disbud | 02 Mei 2022 | 801 kali

Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng menyelenggarakan lomba cipta lagu Cagar Budaya dengan mengangkat tema "Kenali, Jaga, Lestarikan Cagar Budaya Untuk Buleleng". Pendaftaran sudah dimulai sampai dengan tanggal 10 Juni 2022. Lomba cipta lagu ini merupakan lomba membuat atau menciptakan sebuah karya lagu dengan mengikuti tema yang telah disiapkan. Cipta lagu adalah hal yang berhubungan dengan musik. Di Kabupaten Buleleng musik adalah sektor yang sangat digemari oleh para generasi muda. Maka dengan adanya lomba ini dapat menyasar generasi muda dalam pelestarian warisan budaya. 

Pendaftaran lomba cipta lagu ini dibuka untuk umum, jadi siapapun boleh mengikuti lomba. Bisa diikuti perorangan atau kelompok. Pendaftaran tidak dipungut biaya alias gratis dan diharapkan hasil karya merupakan hasil karya sendiri bukan jiplakan dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba apapun. Hasil lomba akan dipilih 10 besar dari seluruh peserta lomba dan 3 besar yang berhak mendapatkan uang tunai yaitu Juara 1 mendapatkan Rp. 5.000.000, Juara 2 mendapatkan Rp. 4.000.000 dan Juara 3 mendapatkan Rp. 3.000.000. Peserta yang berhasil masuk 10 besar juga akan mengikuti rekaman, promosi digital musik platform dan dibuatkan album kompilasi pelestarian cagar budaya. 

Pengumuman pemenang 10 besar akan diumumkan pada tanggal 15 Juni 2022 dan langsung dipentaskan pada tanggal 29 Juni 2022 di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Bung Karno Singaraja. Jadwal pementasan pemenang 10 besar dipilih di Bulan Bung Karno karena selain memperingati Bulan Bung Karno, lomba cipta lagu ini juga sesuai dengan ajaran Tri Sakti Bung Karno yaitu "Berkepribadian Dalam Kebudayaan".