(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Buleleng Festival Tahun 2019 Mendapat Responsif Dari Beberapa Provinsi

Admin disbud | 04 Agustus 2019 | 65 kali

Buleleng Festival ke VII tahun ini akan dilaksanakan mulai dari tanggal 6 sampai dengan 10 Agustus 2019 dengan mengangkat tema Shining Buleleng yang berarti Buleleng Bersinar. Buleleng Festival tahun ini memang sedikit berbeda karena beberapa hal diantaranya adanya kehadiran dari tamu-tamu luar negeri yang bertepatan dengan melaksanakan seminar di Undiksha yaitu sebanyak 300 orang yaitu 200 orang tamu mancanegara dan 100 orang tamu nasional. Adanya beberapa responsif dari beberapa Provinsi yaitu Provinsi Medan yang nantinya akan ikut tampil menari dan fashion show, Provinsi Pangkal Pinang ada 30 anggota DPRD termasuk komisi dan fraksi yang juga akan melaksanakan studi banding tentang Buleleng Festival tahun 2019, Provinsi Palembang selain Ibu Wakil Walikota akan hadir juga perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Dinas Pariwisata yang akan ikut andil dalam pelaksanaan Buleleng Festival tahun ini dan Provinsi Surakarta juga akan hadir perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk ikut menyaksikan Buleleng Festival tahun 2019.

Buleleng Festival kali ini yang membedakan dari Buleleng Festival sebelumnya yaitu adanya pementasan Gong Kebyar Mabarung Dangin Njung dan Dauh Njung dimana Dangin Njung merupakan cikal bakal dari Gede Manik dan Pan Wandres sedangkan Dauh Njung merupakan cikal bakal dari Bapak Merdana. Pada Zona A akan ditampilkan Band-band nasional dan pementasan kesenian tradisional oleh Sanggar Dwi Mekar dan Santhi Budaya. Sedangkan di Zona B di Sasana Budaya tempat ditampilkannya Gong Kebyar Mabarung Dangin Njung dan Dauh Njung, pementasan Joged dan Genjek. 

Pada pembukaan Bulfest tahun ini, akan ditampilkan pementasan Tari Panyembrama Massal yang akan ditarikan oleh 500 orang penari perwakilan dari masing-masing Kecamatan di Buleleng dan Sanggar. Dimana tiap Kecamatan mengeluarkan 50 orang penari dan sisanya dari sanggar seni. Panjang barisan penari yaitu dari gerbang Kantor BKD sampai ujung RSUD. Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng Drs.Gede Komang,M.Si berharap Buleleng Festival setiap tahunnya akan terus ada peningkatan.