0362 3303668
087894359013
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

[JARKOM] “Tingkatkan Kualitas Media Center di Kabupaten Buleleng”

Admin disbud | 11 Juli 2024 | 13 kali

Sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan Sumber DayaManusia (SDM) lingkung Pemkab Buleleng di Bidang Pengelolaan Jurnalistik, Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng bekerjasama dengan KementerianKomunikasi dan Informatika RI melalui Direktorat Pengelolaan Media menyelenggarakan pelatihan “Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom” bertempat di Gedung Laksmi Graha, Kamis (11/7)


Pelatihan JARKOM  di buka oleh Asisten Adminstrasi Umum Setda Kabupaten Buleleng Drs. Gede Sugiartha Widiada, M.Si yang pada kesempatan ini mewakili Pj. Bupati Buleleng yang didampingi oleh Direktur Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Nursodik Gunarjo dan Kepala Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng Ketut Suwarmawan, S.STP., MM., beserta narasumber dan undangan lainnya.


Dalam Sambutannya, Direktur Pengelolaan Media Direktorat Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Nursodik Gunarjo mengungkapkan bahwa Media center adalah pusat atau sarana pengelola komunikasi dan informasi berbasis teknologi atau berbasis internet (online).


Nursodik Gunarjo, mengtakan Media Center dikelola dan  dikembangkan oleh Dinas Kominfo yang ada di seluruh Indonesia dimana sudah tercatat atau tergabung 200 media center dan 150 diantaranya media paling aktif yakni Kabupaten Buleleng serta  “Kabupaten Buleleng menjadi salah satu pemenang media center pada tahun 2023” yang diselenggarakan oleh Ditjen IKP Kominfo, ujar Nursodik Gunarjo 


Sementara uangkapnya, bahwa media center sangat penting bagi masyarakat karena media center dapat menyebarluaskan isu-isu yang terjadi di masyaraka dengan itu masykarat menjadi lebih tahu berita mana yang benar atau hoax karena adanya media center.


Pj. Bupati Buleleng, dalam sambutannya dalam hal ini diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kab. Buleleng Gede Sugiartha Widiada, menginformasikan Kecepatan berita dari sebuah peristiwa merupakan tantangan pengelola informasi dilihat pada zama sekarang  kebenaran informasi kepada masyarakat adalah salah satu upaya menangkal berita hoax. 


“pengelolaan informasi atau kehumasan memiliki peran penting untuk membranding semua aspek kehidupan dengan pengemasan yang menarik sesuai kaidah jurnalistik” ujarnya.


Kegiatan JARKOM mendatangkan Narasumber dari Redaktur Pelaksana

Indonesia.go.id yaitu Elvira IndaSari, dalam

Pemaparan Materi tidak jauh dari membicarakan penyusunan atau pembuatan berita dengan benar, dalam pemaparan materinya Elvira IndaSari menjelaskan pada pembuataan berita adanya Nilai-nilai yang terkadung yaitu aktual, magnitude (cakupan), dampak, proximity (kedekatan), unik, ketokohan, kemanusiaan dan konflik. 


Struktur berita diibaratkan seperti piramida terbalik yaitu informasi paling penting diletakan di atas, serta penulisan yang tepat untuk narasumber berita dan masih  banyak lagi yang dipaparkan pada JARKOM menganai berita. 


Diakhir pemaparan materi oleh narasumber dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan 3 peserta JARKOM.