(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Pembinaan Gong Kebyar Anak-anak Tahun 2021

Admin disbud | 15 Mei 2021 | 504 kali

Bidang Kesenian Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng,  melaksanakan kegiatan Pembinaan Parade Gong Kebyar Anak-anak dalam rangka Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIII tahun2021 dari Tim Pembina Parade Gong Kebyar Anak-anak Provinsi Bali untuk SEKAA GONG KEBYAR ANAK-ANAK JULUWANGI, Bondalem, Buleleng pada Sabtu, 15 Mei 2021 pukul 15.00 Wita di Aula Kantor Desa, Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula.

Sekaa Gong Kebyar Anak-anak Juluwangi menampilkan 3 (tiga) Materi diantaranya 2 (dua) karya Tari yaitu Tari Penyambutan SUETA BANGKAJA dan Tari Kreasi Kekebyaran  berjudul NYAWAN RARUD serta  1 (satu) karya Tabuh Pisan Lelambatan Kreasi AMANDITA. 

Secara umum penampilan Sekaa Goong anak-anak ini sudah baik dengan menampilkan ciri khas Bali Utara, BULELENG. Namun secara teknis masih ad beberapa yang perlu mendapat arahan dari Tim Pembina Provinsi, seperti NGUNDA BAYU atau penjiwaan pada setiap penari perlu lebih dilatih dan teknik yang memang perlu ditekankan oleh karena tuntutan dalam setiap bentuk tarian berkelompok, yaitu keseragaman/kekompakan. Kemudian Ekspresi setiap penari perlu ditingkatkan dan diperjelas. Untuk dibagian tabuh lelambatan yang perlu menjadi perhatian adalah alat tabuh TEROMPONG. karena dalam penampilannya suaranya masih terdengar tenggelam sehingga tidak seimbang dengan suara alat tabuh lainnya. 

Diharapkan disisa waktu yang ada, apa yang menjadi perhatian serta arahan dari Tim Pembina Provinsi, akan bisa menjadi lebih baik sebelum dilakukan perekaman pada tanggal 29 Mei 2021 di Ardha Candra, Taman Budaya ( Ary Center ) Denpasar, Bali. Dan akan tayang melalui channel YouTube DISBUDPOV BALI tanggal 20 Juni 2021 yang akan datang.