(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Kegiatan Pekan Apresiasi Seni Pertama Mulai 7 Mei 2022

Admin disbud | 27 April 2022 | 224 kali

Sehubungan dengan telah diresmikannya Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Bung Karno, Singaraja, maka langkah selanjutnya dibuatlah program kegiatan Pekan Apresiasi Seni kerjasama antara Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng untuk memberikan ruang berkesenian bagi masyarakat. Maka perlu diadakan rapat kembali untuk lebih memantapkan program kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan untuk pertama kali pada tanggal 7 Mei 2022.  Rapat dibuka dengan sambutan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, Drs. I Nyoman Wisandika pada pukul 09.00 WITA. Penyampaian teknis jadwal dan kegiatan dipandu oleh Kepala Dinas Lingkungan Hiduo yang diwakili oleh Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup, Made Adiana, S.E., M. A. P. dan Kepala Bidang Kesenian, Drs. Wayan Sujana. Pada kesempatan tersebut, dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng yang diwakili oleh Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng, Lembaga-lembaga Seni yang telah mendaftar untuk mengisi kegiatan Pekan Apresiasi Seni dan Staf Teknis Bidang Kesenian, Rabu (27/4).

Adapun rapat tersebut dilakukan untuk membahas program kegiatan Pekan Apresiasi Seni bulan Mei-Juli 2022. Berikut yang dapat disampaikan terkait dengan hasil rapat :

1. Terkait kegiatan Pekan Apresiasi Seni, Dinas Kebudayaan telah melakukan audiensi ke Bupati. Bupati mengucapkan terima kasih atas kesediaan Lembaga-lembaga Seni di Kabupaten Buleleng untuk berpartisipasi pada program Pekan Apresiasi Seni yang akan diadakan di Ruang Terbuka Hijau Taman Bung Karno meskipun kegiatan ini dilaksanakan tanpa anggaran.

2. Terkait pembuatan baliho untuk dipastikan segera jadwal kegiatan Pekan Apresiasi Seni yang akan dilaksanakan Bulan Mei-Juli 2022. Pelaksanaan kurasi untuk penampilan dalam Pekan Apresiasi Seni dan terdapat beberapa perubahan pada jadwal seperti adanya pameran dan demonstrasi seni rupa dari Sanggar Seni Lukis Nagasepha dan Sanggar Seni Nuragasari yang berkolaborasi dengan SMK Negeri 1 Sukasada dan SMP Negeri 3 Sukasada. Kegiatan pameran dan demonstrasi seni rupa ini dilakukan pada tanggal 11 dan 18 Juni 2022. Lalu terdapat pergeseran jadwal Sanggar Seni Budaya “Taksu Bulian”, Desa Bulian, Kecamatan Kubutambahan  dari Tanggal 14 Mei 2022 ke tanggal 23 Juni 2022 sebelum Sekaa Gong Kebyar Eka Wakya, Banjar Paketan tampil. Kekosongan pada tanggal 14 Mei 2022 akan diisi oleh Bondres Sunari Bajra bersama dengan Sekaa Gong Praja Gurnita, Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng.

3. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng mengingatkan agar Lembaga Seni perlu mengingat kondisi RTH Taman Bung Karno masih dalam masa perawatan sehingga perlu berhati-hati untuk tidak menampilkan pegelaran yang dapat merusak fasilitas RTH Taman Bung Karno. Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng mengingatkan agar Lembaga Seni tetap berkomunikasi dengan Dinas Kebudayaan dan Dinas Lingkungan Hidup agar pengaturan panggung dan kebutuhan-kebutuhan Lembaga Seni saat pementasan agar bisa diusahakan. Selain itu juga diingatkan agar Lembaga Seni tetap memperhatikan Etika dan Estetika dalam melakukan pementasan. Lembaga-lembaga seni mengharapkan kegiatan Pekan Apresiasi Seni ini nantinya dapat berjalan berkelanjutan. Diharapkan juga bagi Lembaga Seni agar mengumpulkan foto dan synopsis karya serta memeriksa jadwal dan melihat apabila ada kesalahan nama dan kegiatan supaya dapat diperbaiki dan segera dibuatkan baliho.