(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

UPTD. Gedong Kirtya melaksanakan hari pertama kegiatan inventarisasi lontar di Desa Banyuatis

Admin disbud | 17 April 2024 | 45 kali

Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng melalui UPTD. Gedong Kirtya melaksanakan hari pertama kegiatan inventarisasi lontar-lontar yang tercecer yang ada di beberapa Desa di Kabupaten Buleleng, bertempat di Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar ( Merajan Lingsir Bujanggan Waisnawa ), Rabu 17 April 2024

UPTD. Gedong Kirtya terjun langsung ke kediaman keberadaan lonta, yang dilakukan secara bertahap setiap harinya selama 8 hari, dibeberapa desa yang ada di Kabupaten Buleleng. Hari pertama UPTD Gedong Kirtya bersama tim Inventarisasi Lontar Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng mendatangi langsung Merajan Lingsis Bujanggan Waisnawa yang ada di Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar . 

Terdapat 13 cakep Lontar dengan klasifikasi kawisesan, wariga, usada, dan juga ada beberapa buku tua beraksara bali milik penglingsir yang  dibersihkan, ada beberapa lontar dalam keadaan baik ,rusak ringan dan rusak berat. Selain menginventarisasi, tim lontar dari UPTD Gedong Kirtya juga memberikan informasi terkait pemeliharaan lontar serta tata cara membersihkan, merawat dan menyimpan lontar-lontar itu sehingga umurnya bisa lebih panjang.