Kegiatan Inventarisasi Lontar di Desa Dencarik Kecamatan Banjar
Admin disbud | 10 Mei 2021 | Dibaca 253 kali

Kegiatan Inventarisasi Prasasti Lontar dilaksanakan dari pukul 8.00 Wita sampai pukul 16.10 Wita di Rumah Warga Bapak Putu Mastika. Inventarisasi menghadirkan tim dari UPTD Gedong Kirtya Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, Perbekel Desa Dencarik dan penduduk setempat.

Kegiatan diawali dengan diterima nya tim dari Gedong Kirtya Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng di Kantor Perbekel Desa Dencarik oleh Perbekel Desa Dencarik Bapak Putu Mastika,  dan, menurut beliau kegiatan ini sangat penting dan berarti karena saat ini masih banyak lontar-lontar yang berada di masyarakat namun belum diketahui apa isi dari lontar-lontar  tersebut dan bagaimana cara merawatnya. Melalui pembacaan lontar oleh tim ini diharapkan masyarakat akan mendapat informasi tentang isi dari lontar yang dibaca dan cara-cara merawat lontar yang disimpan oleh pemilik lontar.

Dari hasil kegiatan di rumah Bapak Putu Mastika Desa Dencarik terdapat 12 Cakep Lontar. Dapat disimpulkan bahwa di Desa Dencarik Kecamatan Banjar umumnya terdapat lontar dengan klasifikasi lontar Usada (lontar yang berisi tentang pengobatan tradisional) Wariga (Pengetahuan tentang Astronomi dan Astrologi).

Dari kegiatan inventarisasi ini diketahui bahwa masih banyak lagi lontar-lontar milik masyarakat yang perlu mendapatkan penanganan/perhatian dari Gedong Kirtya selaku instansi di bawah naungan Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng yang merupakan satu-satunya museum lontar di Bali, agar lontar-lontar di masyarakat tetap terjaga keutuhannya dan terdata secara valid di Gedong Kirtya.

Share Berita Ini :


Berita Terpopuler