(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Menghadiri Pertunjukkan Janger Kolok Desa Bengkala

Admin disbud | 14 April 2022 | 223 kali

Kepala Bidang Sejarah dan Cagar Budaya beserta beberapa staf mewakili Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng menghadiri sebuah undangan acara Jumat menari yang rutin diselenggarakan oleh Badan Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Bali. Kegiatan Jumat menari dilangsungkan secara daring melalui kanal youtube BPNB Provinsi Bali. Salah satu acara Jumat menari tahun 2022 ini adalah perekaman kesenian Tari Janger Kolok Darmha Shanti Desa Bengkala Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng yang dilaksanakan di wantilan Desa Bengkala, Kamis (14/4). 

Desa Bengkala merupakan Desa istimewa karena memiliki komunitas tuna rungu wicara (Tuli dan bisu) cukup besar. Sekitar 2% dari jumlah penduduk Desa Bengkala, lahir dalam keadaan kolok atau tuli dan bisu dalam Bahasa Bali. Desa Bengkala juga memiliki Tari Janger Kolok, yakni tarian yang semua penarinya adalah orang kolok atau bisu dan tuli. Tarian ini tidak menggunakan musik iringan seperti tarif umumnya, namun menggunakan alat musik kendang sebagai pengiring.

Tari Janger Kolok sudah terkenal hingga mancanegara, hal ini tidak lepas dari warga Bengkala Buleleng sudah mulai mengenal internet dan menyebarluaskan ini melalui media sosial mancanegara. Tari Janger Kolok merupakan tarian tradisional masyarakat kolok Bengkala, yang diperankan oleh warga kolok itu sendiri.