(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Pembukaan PKB ke-39 dan Buleleng EXPO Pertama

Admin disbud | 19 Mei 2017 | 822 kali

Acara pagelaran Pesta Kesenian Bali ke-39 dan Buleleng EXPO Pertama Tahun 2017 dibuka oleh Bapak Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana di Eks Pelabuhan Buleleng, Kota Singaraja. PKB ke-39 ini mengambil tema “Ulun Danu” yang artinya “Melestarikan Air Sumber Kehidupan”, diselenggarakan selama 5 hari, mulai tanggal 17 Mei hingga 21 Mei 2017 di pelataran ex. Pelabuhan Buleleng. 

Hari pertama penyelenggaraan PKB menampilkan gong kebyar remaja dewasa Padepokan Dwi Mekar dan gong kebyar anak-anak Sanggar Bala Talawung. Selain itu juga menampilkan kesenian partisipasi yaitu tarian India dari Konsulat Jenderal India di Bali dan kesenian dari Sanggar Cut Nyak Dien Meuligoe Propinsi Aceh. 

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng I Putu Tastra Wijaya mengatakan, untuk memunculkan program Pesta Kesenian Bali bermula pada konsep bahwa PKB itu membawa misi antara lain sebagai langkah konservatif yaitu penyelamatan terhadap khasanah seni budaya tradisional maupun klasik, disamping memberikan ruang kepada seniman bereksperimen.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengatakan, PKB dan Buleleng Expo merupakan salah satu kegiatan rutin kepariwisataan yang akan terus dilaksanakan pada tahun mendatang di Kabupaten Buleleng dan adanya beberapa pameran diharapkan ikut mendorong perekonomian daerah. "Buleleng Expo 2017 yang diintegrasikan dengan PKB itu diharapkan menjadi salah satu pagelaran yang kedepan dapat mengangkat Buleleng sebagai daerah pariwisata," kata Agus Suradnyana saat memberikan sambutan pada acara pembukaan Buleleng Expo.