(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Rapat Aktualisasi Tema PKB XL Tahun 2018

Admin disbud | 18 Januari 2018 | 999 kali

Dinas Kebudayaan Provinsi Bali mengadakan aktualisasi tema PKB XL tahun 2018 "Teja Dharmaning Kauripan" : Api Spirit Penciptaan pada kabupaten atau kota se-Bali dimana Kabupaten Buleleng mendapat jadwal pada hari Kamis 18 Januari 2018. Aktualisasi tema PKB XL di Kabupaten Buleleng dilaksanakan di kantor Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng tepatnya di gedung Sasana Budaya Singaraja. Rapat ini dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan Drs. I Putu Tastra Wijaya, MM dan dipimpin oleh Kepala Bidang Kesenian Drs. Wayan Sujana. Adapun peserta aktualisasi tersebut diantaranya :

1. Ketua tim penggerak PKK kabupaten/kota

2. Pembina dan penggarap materi pawai pembukaan

3. Pembina dan penggarap materi parade (Gong Kebyar Dewasa, Gong Kebyar Anak-Anak, Gong Kebyar Wanita, Ngelawang, Arja, Drama Gong, Wayang Kulit Remaja, Topeng Panca Klasik, Joged Bumbung Tradisional, Lagu Daerah Bali, Tari dan Tabuh Palegongan Klasik, Gamelan Angklung Kebyar, Karya Cipta Gamelan dan Tari Inovatif, Tari-tarian Klasik dan Kreasi Baru Sajian Sanggar Seni, Janger Klasik Melelampahan)

4. Pembina dan penggarap materi lomba (Gender Wayang Remaja, Balaganjur Anak-anak, Bondres Modern, Tembang Girang)

5. Pembina dan penggarap materi pagelaran Kesenian Khas, Kesenian Inovatif, Kesenian dengan pemain-pemain Bintang, Kesenian-kesenian Baru di

    masing-masing Kabupaten/Kota)

6. Koordinator Lomba Nyastra, Kerajinan, Melukis dan Film Dokumenter

Adapun hasil dari rapat aktualisasi ini diantaranya tema dari PKB XL Tahun 2018 "Teja Dharmaning Kauripan" : Api Spirit Penciptaan diaplikasikan ke garapan seni. Sebagai contoh garapan seni yang akan ditampilkan saat PKB yaitu Gong Kebyar dalam tabuhnya menuangkan ide sesuai tema PKB yang telah ditentukan.