(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

Tari Rejang Renteng Massal Akan Meriahkan HUT Kota Singaraja ke 415

Admin disbud | 21 Maret 2019 | 738 kali

Serangkaian perayaan HUT Kota Singaraja ke 415 tahun 2019, kabupaten buleleng akan menampilkan suatu pertunjukkan tari Rejang Renteng secara massal yang akan mewarnai puncak HUT Kota Singaraja pada 30 Maret 2019. Pementasan ini akan dilaksanakan usai parade budaya di sepanjang jalan Veteran, Ngurah Rai. Jumlah penari diperkirakan mencapai 7.200 orang yang diikuti oleh 128 Desa 16 Kelurahan (kecuali Kel. Kampung Singaraja, Kampung Bugis, Kampung Kajanan dan Desa Pegayaman Sukasada) dan partisipasi dari Undiksha Singaraja sebanyak 30 Orang.

Tari Rejang Renteng kini bangkit. Bahkan, setiap piodalan di tempat suci di Bali, tarian ini pasti kompak dipersembahkan sebagai wujud bhakti kepada yang Mahasempurna.Tari Rejang Renteng performa penarinya sangat sederhana, pakaiannya cukup menggunakan  kebaya putih-kuning. Tentu fungsinya untuk persembahan yang luhur kepada para dewa-dewi. Selain ibu-ibu, lanjutnya, para pemudi dan anak-anak sesungguhnya bisa menarikan tarian ini,  khususnya para wanita.

Tari Rejang Renteng memberikan makna kepada semua orang yang ada di bumi ini untuk melepas ego pribadi. Setiap orang harus mencapai bagian terbaik dan harus menyamakan ritme dengan orang lain di lingkungannya,  tanpa ada rasa iri dan dengki, tanpa saling mendahului (tanpa persaingan), sehingga  menjadi pribadi penuh kasih dan siap saling membantu menuju jalan yang diberkati Tuhan. Tari Rejang Renteng berasal dari Nusa Pendiam, Banjar Saren, Klungkung. Renteng berasal dari kata rente yang berarti tua. Rejang Renteng ditarikan oleh orang yang sudah kawin (tua).

Dijadikan sebagai tari wali yaitu dengan tujuan tari Rejang Renteng yang akan ditampilkan secara massal pada HUT Kota Singaraja ke 415 adalah bukan untuk menyambut maupun memperingati HUT Kota Singaraja, melainkan untuk menghantarkan masyarakat Buleleng menuju kesejahteraan dan juga sebagai sosialisasi kepada masyarakat Buleleng bahwa bagaimana tari Rejang Renteng memiliki pakem-pakem tertentu. Pelaksanakan tari Rejang Renteng massal ini diawali dengan upacara besar yang dilaksanakan di Pura Jagadnata Buleleng para penari sebelum menari akan diberikan tirta suci agar pelaksanaan tari Rejang Renteng massal ini berjalan dengan lancar.