(0362) 330668
disbudbuleleng@gmail.com
Dinas Kebudayaan

The Power of Buleleng Sebagai Tema Bulfest 2017

Admin disbud | 27 Juli 2017 | 670 kali

Begitu banyak pagelaran yang dilaksanakan setiap tahunnya di Kabupaten Buleleng salah satunya adalah Buleleng Festival. Buleleng Festival digelar sejak tahun 2013 dan terus dilaksanakan hingga tahun 2016. Tidak kalah dengan tahun sebelumnya tahun ini juga akan digelar Buleleng Festival 2017 yang mengusung tema The Power of Buleleng. Adapun arti dari tema tersebut adalah menunjukkan segala potensi yang menjadi kekuatan yang dimiliki oleh Kabupaten Buleleng yang ditampilkan. 

Dalam hal hiburan dipanggung utama, Bupati mengharapkan Bulfest yang rencana digelar dari tanggal  2 - 6 Agustus 2017 tidak hanya dimeriahkan oleh band dan penyanyi nasional, tapi juga band lokal dari Buleleng maupun yang dikenal luas di Bali. Khusus pada kesenian pembuka di Jalan Ngurah Rai dipilih kesenian baleganjur dan ngoncang secara massal. Kedua kesenian tersebut dipilih berdasarkan tema yang sudah ditentukan. Untuk ngoncang ditampilkan sebanyak sepuluh grup yang dikoordinir oleh Desa Pakraman Buleleng. Kesepuluh grup tersebut terdiri dari minimal 12 orang sampai 15 orang, sehingga para seniman yang terlibat dalam pagelaran seni massal di Jalan Ngurah Rai pada saat pembukaan berjumlah kurang lebih 850 orang termasuk dengan 20 sekeha baleganjur

Berbagai atraksi akan dihadirkan pada Bulfest kali ini. Selain kesenian modern, akan ada juga kesenian tradisional seperti gambuh dan wayang. Kesenian drama juga menjadi pilihan pada Bulfest ke V tahun ini. Drama dipilih karena selama ini drama dianggap sebagai kekuatan atau kesenian yang mengharumkan nama Buleleng. Nantinya akan ada empat jenis kesenian drama yaitu drama gong yang merupakan drama tradisi, drama klasik yang dimainkan oleh Sekeha Drama Klasik Banjar Paketan, Drama Modern (teater) oleh Komunitas Mahima dan Drama Inovatif dari Sanggar Kampung Seni Banyuning. 

Diharapkan pagelaran Bulfest ke V ini berlangsung meriah dan dapat menarik banyak masyarakat ataupun wisatawan untuk dapat menyaksikan berbagai atraksi pada Buleleng Festival 2017 ini. Dan dengan adanya pagelaran ini setiap tahunnya akan dapat meningkatkan potensi wisata di Kabupaten Buleleng.